Surat Suara 01 Tercoblos, Bawaslu Minta Pemilu di Malaysia Disetop

Tim Editor

Penemuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Panitia Pengawas Pemilu Malaysia menemukan puluhan kantong hitam yang berisi surat suara sudah tercoblos di sebuah ruko di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia. 

Informasi ini berasal dari video yang beredar. Terlihat, beberapa orang dalam video tersebut memaparkan surat suara pasangan calon presiden telah tercoblos dalam kolom paslon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Kemudian, pada surat suara calon anggota legislatif DPR RI, telah tercoblos caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II dari Partai NasDem nomor urut 3 bernama Achmad dan caleg Partai NasDem nomor urut 02, David Kirana.


Penemuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. (Foto: Istimewa)


Penemuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tenaga yang dibayar mengaku menerima upah 50 sen ringgit Malaysia. Satu orang bisa mendapatkan upah per hari antara 200 hingga 600 ringgit. Artinya, satu orang tenaga mencoblos 50 hingga 300 surat suara.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengonfirmasi kebenaran adanya video ini, berdasarkan laporan dari Panwaslu Kuala Lumpur. 

"Jelas ada kegiatan yang TSM (terstruktur, sistematis, dan masif) dalam kegiatan ini. Terbukti PPLN (Panitia Pemilihan luar Negeri) tidak melaksanakan tugas dengan benar," kata Fritz kepada wartawan, Kamis (11/4/2019).

Atas kasus ini, Fritz bilang Bawaslu akan meminta KPU segera melakukan evaluasi kerja khususnya kepada PPLN. Bawaslu sudah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan. 

"Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh (wilayah) Malaysia sampai semua jelas," ucap Fritz. 

Sementara, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra bilang pihaknya tengah mengkroscek kebenaran atas video tersebut. "Kita sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya kepada Pokja PPLN," tutur Ilham. 

Supaya kamu tahu, pemungutan suara di luar negeri telah berjalan sejak tanggal 8 April. Namun, khusus untuk pemilihan di Malaysia digelar pada hari Minggu 14 April. 
 

Tag: jokowi-maruf amin bawaslu

Bagikan: