Tahapan Pilpres Selesai, Jangan Ada Kontestasi Lagi

Tim Editor

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto (Anto/era.id)

Jakarta, era.id - KPU akan segera menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih. Kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto tahapan pemilu telah selesai, sehingga tak perlu ada lagi kontestasi.

"Begitu seluruh tahapan selesai, maka kita memasuki tahapan baru tidak ada lagi kontestasi yang ada adalah bersama-sama membangun negeri," kata Hasto kepada wartawan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

Sekjen PDI Perjuangan ini juga angkat bicara soal ketidakhadiran paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat penetapan pemenang oleh KPU ini.  Menurut dia, penetapan ini jadi hal yang biasa dalam proses demokrasi. "Sebenarnya itu menjadi sebuah proses yang biasa terjadi. Karena ini menunjukan kualitas demorkasi kita," ungkapnya.

Berbeda dengan Prabowo-Sandiaga, pasangan Jokowi-Ma'ruf sudah dipastikan hadir dalam acara penetapan ini. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Direktur Direktorat Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan.

"Ya fix hadir (saat penetapan), beliau akan bersama-sama," kata Irfan.

Nantinya, Irfan menyebut, Jokowi-Ma'ruf bakal satu mobil. Keduanya juga bakal didampingi oleh Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir.

Dari pantauan era.id, sejumlah petinggi TKN sudah hadir untuk mengikuti penetapan hasil pemenang Pilpres 2019. Para petinggi antara lain ketua umum parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) seperti Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.



Ada juga Sekjen parpol Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich, Sekjen Partai Hanura Herry Lontung, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, dan Sekjen PKB Hanif Dhakiri.

Selain itu, sejumlah direktur dari Direktorat TKN pun hadir seperti Ade Irfan Pulungan, Arya Sinulingga, Benny Rhamdany, dan Tina Talisa. Hadir juga Yusril Ihza Mahendra yang merupakan kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf saat bersidang di Mahkamah Konstitusi.

Tak hanya itu, hadir juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menkopolhukam Wiranto, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edy.

Tag: pilpres 2019 kpu jokowi-maruf amin prabowo-sandiaga

Bagikan: