Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Siapa Saja?

| 01 Jul 2019 16:13
Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Siapa Saja?
Presiden Joko Widodo. (Irfan/era.id)
Jakarta, era.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, menyebut saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama-nama menteri yang bakal menjabat di periode kedua pemerintahannya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding bilang, Jokowi sudah punya gambaran siapa orang-orang yang bakal mengemban amanah sebagai menteri.

"Pak Jokowi sudah memiliki gambaran-gambaran (soal menteri) karena lima tahun berinteraksi dan memimpin. Beliau pasti telah mengetahui siapa yang tepat," kata Karding saat dihubungi, Senin (1/7/2019).

Karding menambahkan, kendati sudah mengantongi siapa saja yang bakal menjadi menteri, nantinya Jokowi tetap akan membahas nama-nama itu bersama ketua umum parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK), tokoh masyarakat, dan relawan. 

Namun, Ketua DPP PKB itu mengaku belum mengetahui dengan pasti siapa orang-orang yang bakal menduduki jabatan sebagai menteri di periode kedua ini. "Soal pembicaraan berapa jumlahnya, siapa dapat apa, jujur, saya belum dapat informasinya soal itu," ungkapnya.

Yang pasti, Karding bilang, di masa pemerintahan ke depan, petahana bakal berfokus pada kemajuan sumber daya manusia (SDM). Sehingga ke depan,kementerian-kementerian terkait dengan pembangunan manusia, seperti Kemenristek Dikti, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Agama akan diperkuat.

Pembangunan SDM ini, lanjut Karding, dinilai sebagai salah satu visi utama dalam pemerintahan ke depan selain menbangun infrastruktur. "Beliau lebih paham bidang-bidang mana yang perlu dimaksimalkan, mana yang diperkuat, mana yang disempurnakan," tutupnya.

Rekomendasi