Hilang Sudah Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI

| 18 Jul 2019 09:25
Hilang Sudah Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI
Lokasi Instalasi Bambu Getah Getih yang sudah dibongkar (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Dinas Kehutanan DKI Jakarta membongkar intalasi Bambu Getah Getih yang ada di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Karya seni yang sudah terpasang satu tahun lamanya itu dibongkar karena telah rapuh termakan usia, sehingga dapat membahayakan warga.

"Instalasi itu dibongkar karena bambunya sudah mulai rapuh, bisa karena cuaca terik dan hujan, sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh. Kami khawatir nanti rubuh dan membahayakan," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Suzi Marsitawati saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2019).

Pembongkaran dilakukan sekitar pukul 00.30 WIB, Rabu (17/7) malam. Sebagai gantinya, bekas lokasi instalasi bambu ini akan ditanami berbagai macam tanaman hias.

"Sambil menunggu instalasi lainnya, sementara ditanam border semak, ground cover," jelas dia. 

Sebagaimana diketahui, instalasi seni bambu ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 16 Agustus 2018. Bambu ini dipasang di kawasan Bundaran HI untuk menyambut Asian Games 2018.

Anies meminta seniman bernama Joko Avianto untuk membuat karya ini. Pengerjaannya membutuhkan waktu satu minggu dan melibatkan 10 pekerja, dengan anggaran Rp550 juta.

Kala itu Anies bilang, karya seni ini menggambarkan bentuk pesona seni bangsa Indonesia dengan tampilannya yang kokoh tapi lentur, tegak tapi lihat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, serta satuan tapi tak terserak. 

"Itulah kita, bangsa Indonesia tercinta: 262 juta anak bangsa, 400-an suku bangsa, dan bercakap dalam 700-an bahasa. Sebuah bangsa yang dahsyat!," demikian penjelasan Anies lewat laman Facebooknya, Rabu (15/8).

 

Rekomendasi