Gerindra Seleksi Kadernya untuk Jadi Pimpinan DPR dan DPRD

| 19 Jul 2019 14:49
Gerindra Seleksi Kadernya untuk Jadi Pimpinan DPR dan DPRD
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Mery/era.id)
Bogor, era.id - Dewan pembina Partai Gerindra memutuskan membentuk tim seleksi nama-nama anggota perwakilan rakyat terpilih untuk menduduki jabatan strategis di DPR atau DPRD tingkat provinsi, kabupaten atau kota. Tim tersebut akan dibentuk Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Demikian hasil rapat dewan pembina Partai Gerindra yang digelar di rumah Prabowo, yang merupakan ketua umum partai, di Hambalang, Bogor, Jumat (19/7/2019).

"Berdasarkan anggaran dasar, kewenangan untuk menetapkan pimpinan DPR RI, ketua DPRD provinsi, wakil ketua DPRD provinsi, ketua DPRD kabupaten/kota, wakil ketua kabupaten kota adalah wewenang Ketua Dewan Pembina," ujar Muzani.

"Setelah itu, kita bentuk tim untuk menyeleksi nama-nama dimaksud untuk menempati posisi strategis di DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota," tambah dia. 

Berdasarkan keputusan KPU, Partai Gerindra mendapatkan 78 kursi DPR RI atau urutan kedua terbanyak, serta 2.245 anggota DPRD terpilih untuk di seluruh Indonesia.

Atas hasil ini, Muzani mengatakan, Partai Gerindra telah menentukan kadernya untuk duduk di posisi strategis, baik pimpinan di DPR RI maupun DPRD. Namun, nama-nama yang sudah ada akan diseleksi oleh di internal partai.

"Dari jumlah itu kita menempatkan 3 orang, 1 orang wakil ketua DPR, 3 orang ketua DPRD provinsi. 50 ketua DPRD kabupaten/kota dan ada kurang lebih 164 wakil ketua DPRD kabupaten/kota dan 22 wakil ketua DPRD provinsi," jelasnya.

Rapat dewan pembina ini juga menyetujui dan merekomendasikan partai melakukan konsolidasi secara nasional, baik di tingkat legislatif, kader, dan struktur partai.

"Di tingkat legislatif kita akan adakan upgrading dan pertemuan, bagi peningkatan mutu dan peningkatan kualitas anggota dewan agar fungsi kedewanan dapat dilakukan dengan baik. Agar menegakkan dan mewujudkan keadilan dan kemakmuran seperti yang kita cita-citakan agar kita bisa mewujudkan secara maksimal," ucapnya.

Tags : gerindra
Rekomendasi