Mentertawakan Jin di Pelantikan Jokowi-Ma'ruf dengan CGI

Tim Editor

Tangkapan layar kemunculan makhluk dalam sebuah video. (Youtube/ JJPD Producciones)

Jakarta, era.id - Kabar keberadaan jin di parkiran gedung DPR saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kemarin (20/10), tersebar di media sosial.

Bersamaan dengan kabar tersebut, sebuah video pun disertakan. Dalam video itu, jin yang dimaskud adalah sesosok makhluk kecil berwarna putih serupa Goblin di film fiksi Harry Potter. Makhluk tersebut bergerak cepat di antara mobil-mobil yang terparkir, kemudian melesat ke kolong mobil.

Adalah akun Joko Togog Alkadzab di akun Facebook, yang menyebarkannya. Joko menyebarkan kabar itu ke grup bernama 'Jendral Gatot Nurmantyo'.


Tangkapan layar posting-an Facebook tentang kabar jin di pelantikan Jokowi-Ma'ruf. (Twitter/@TurnBackHoax)

Dia menyertakan caption yang cukup menghebohkan: Audzu billahi Minas syaithonir rojiim... TAMPAK Terlihat di parkiran gedung DPR ... Ternyata benar2 terjadi jin ikut hadir serta dalam agenda pelantikan SAUDARA mereka JOKOWI-MA'RUF bersyukurlah kalian Wahai bangsa jin pd Allah, krn untuk suatu hikmah yg besar, Allah sembunyikan kalian bangsa JIN Dari pandangan mata bangsa Manusia, Jika tidak maka kalian akan merasakan BETAPA bisa Sangat ganasnya bangsa Manusia yaitu bani Adam. wallahu 'alam...

Sampai saat ini, postingan Joko mendapat banyak reaksi. Kabar tersebut telah dibagikan ulang lebih dari 1.900 kali. Tetapi itu adalah kabar bohong. Informasi yang Joko sebarkan adalah hoaks.

Baca Juga : Para Ilmuwan Bereksperimen untuk Ubah Konsep Kematian

Dilansir dari turnbackhoax.id, berdasarkan penelusuran, video yang disertakan dalam narasi karangan Joko adalah buatan YouTuber JJPD Producciones dari Republik Nikaragua. Akun yang sudah terverifikasi itu, mengunggah video tersebut pada 25 Februari 2016.
 

Dalam channel Youtube JJPD Producciones, video tersebut berjudul 'Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016' (Makhluk Aneh Tertangkap Kamera di Lahan Prarkir pada 2016). Pada bagian deskripsi, mereka menjelaskan, video itu tentang seorang laki-laki merasakan hal aneh di sebuah tempat parkir. Laki-laki itu kemudian mengeluarkan kamera dan merekam keanehannya.

Tapi itu semua adalah fiktif. Dalam deskripsnya, JJPD Producciones menyatakan video itu dibuat dengan teknik video CGI (Computer-Generated Imagery).

Dilansir dari sciencedaily.com, Computer-Generated Imagery (gambaran yang dihasilkan komputer) pembuatan grafik komputer (lebih tepatnya, grafik tiga dimensi) untuk membuat sebuah efek khusus tertentu. CGI digunakan dalam film, program televisi, iklan, dan video games.

Efek visual dengan kualitas tinggi, menjadi alasan CGI ini digunakan. Dengan CGI, perancang grafis bisa mengontrol gambaran objek sesuai keinginannya. CGI memungkinkan munculnya objek tertentu dalam sebuah tayangan, tanpa ada yang memerankannya.

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: