Mengintip Gladi Resik Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Tim Editor

Gladi resik upacara Hari Sumpah Pemuda (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Besok bangsa Indonesia akan memperingati kembali Hari Sumpah Pemuda. Nah, Direktorat Jenderal Kebudayaan dari Kemendikbud pun bakal menggelar upacara peringatan ke-91 tahun Hari Sumpah Pemuda. 

Di mana setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai titik awal perjuangan pemuda-pemudi di awal kemerdekaan Indonesia. Di mana mereka bersumpah untuk berjuang demi tanah air, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.


Jelang h-1 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) juga tengah berlatih dan mempersiapkan diri untuk upacara pengibaran bendera pada Hari Sumpah Pemuda. Pelatih utama dari Paskibraka Matraman, Agung mengatakan, total semua ada 51 siswa siswi dari seluruh SMA di lima wilayah DKI Jakarta yang akan bertugas mengibarkan bendera pusaka Merah Putih.

"Mereka di seleksi dan dilatih selama kurang lebih 1,5 bulan," kata Agung, kepada era.id, di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (27/10/2019).

Agung mengatakan, tidak hanya bertugas mengibarkan. Usai upacara bendera, para Paskibrakan ini akan mengikuti semua kegiatan yang ada di Museum Sumpah Pemuda.

"Mereka nanti ikut ramah tamah setelah selesai. Besok juga akan dihadiri rombongan KNPI, akan ada juga Dirjen Kepemudaan," tuturnya.



Sementara itu, Pengelola Museum Sumpah Pemuda Bhakti mengatakan, acara inti yakni upacara bendera akan dimulai pukul 07.00 WIB di pelataran Museum Sumpah Pemuda.

"Peserta upacara kami mengundang perwakilan karang taruna kampung di sekitar museum, ada juga pekerja kantor-kantor sekitar sini. Tujuannya supaya mereka juga menjaga keberadaan Museum Sumpah Pemuda," jelasnya.
 

Tag: hari sumpah pemuda

Bagikan: