Pengamat: Langkah Tepat Erick Thohir Copot Dirut Garuda

Tim Editor

Onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton selundupan (GabriellaThesa/era.id)

Jakarta, era.id - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dipecat oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Pemecatan ini ihwal dari kasus penyelundupan suku cadang motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

"Dengan ini saya akan memberhentikan direktur utama Garuda," kata Erick Thohir dalam Konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Barang-barang yang diduga hendak menghindari kepabeanan itu dikirim menggunakan 'jasa titip' (jastip) lewat armada pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 Neo yang berangkat dari pabriknya di Perancis menuju hanggar Garuda di Bandara Soekarno-Hatta. 

Saat pesawat parkir dan menurunkan para direksi yang ikut dalam penerbangan, petugas Bea dan Cukai menemukan 18 peti berisi onderdil sepeda motor mewah Harley Davidson dan dua unit sepeda lipat merek Brompton. 



Terkait hal ini, Direktur Suropati Syndicate, Muhamad Shujahri mengapresiasi langkah Erick Thohir dengan segera mencopot Dirut Garuda. Keputusan Erick ini disebut telah tepat. 

“Kenapa saya sebut tepat dan berdampak karena pertama, Pak Erick tidak ribut dan koar-koar di publik sebelum ada hasil investigasi internal. Yang kedua, Pak Erick Thohir dengan sangat bijaksana telah memberi kesempatan kepada pelaku untuk mundur dan mempertanggungjawabkan tindakannya sebelum dengan tegas mencopot posisi pelaku sebagai Dirut Garuda," kata Shujahri dalam keterangan tertulisnya.

"Yang ketiga, peristiwa ini akan berdampak ke BUMN lain yang masih sering terjadi penyalahgunaan wewenang seperti ini. Setidaknya dengan satu contoh ini BUMN lain tidak leluasa lagi bermain dengan wewenang yang mereka punya untuk kepentingan oknum tertentu,” sambungnya.

Lebih lanjut menurutnya, peristiwa ini perlu dijadikan contoh yang baik bagi generasi muda Indonesia yang membutuhkan iklim dunia kerja yang berintegritas dan profesional.

Hal tersebut akan membuat generasi muda semakin percaya diri dengan dunia kerja yang kompetitif karena tidak ada lagi perlakuan khusus bagi orang-orang tertentu.

“Ini yang saya maksud penunjukan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN sangat tepat. Dengan profesionalisme dan integritasnya perusahaan pelat merah akan bersih dari praktik seperti ini. Hal penting yang patut kita sorot adalah tindakan ini contoh yang baik bagi generasi muda bangsa,” pungkasnya.

Tag: erick thohir bumn

Bagikan: