Alasan Jokowi Pilih Politikus Hingga Pengusaha Jadi Penasehat

| 13 Dec 2019 18:05
Alasan Jokowi Pilih Politikus Hingga Pengusaha Jadi Penasehat
Wantimpres (era.id)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan memilih para anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dari kalangan politikus hingga pengusaha.

Presiden Jokowi menyebutkan semua yang dipilih menjadi Anggota Wantimpres termasuk Wiranto, dan Dato Sri Tahir memiliki rekam jejak, dan pengalaman di bidang masing masing.

"Mereka juga memiliki kapabilitas dan integritas, mereka memiliki kapasitas memberikan pertimbangan kepada Presiden baik diminta maupun tidak," kata Presiden Jokowi usai pelantikan sembilan Anggota Wantimpres di Istana Negara Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca Juga: Wiranto Hingga Tahir Jadi Penasehat Jokowi

Kepala Negara menyebutkan masing-masing Anggota Wantimpres memiliki keahlian yang berbeda-beda dari mulai sosial hingga ekonomi. "Ada yang berkaitan dengan sosial, keagamaan, ekonomi, ekonomi kecil, jadi campur campur," tuturnya.

Soal penunjukan Menko Polhukam era Kabinet Kerja Wiranto sebagai Ketua Wantimpres, Jokowi mengatakan Wiranto punya pengalaman panjang dalam pemerintahan.

"Ini masalah pengalaman, track record, beliau kan sudah panjang di pemerintahan, TNI, sudah menangani banyak masalah, ini kan memberikan pertimbangan kepada Presiden," ucapnya.

Pelantikan Ketua dan Anggota Wantimpres itu berdasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 137/L/2019 tanggal 12 Desember 2019. Berdasar Keppres itu, Wiranto menjabat sebagai Ketua merangkap Anggota Wantimpres.

Selain Wiranto, delapan Anggota Wantimres periode 2019-2024 adalah Soekarwo, Arifin Panigoro, Sidharto Danusubroto, Mardiono Bakar, Putri Kus Wisnu Wardani, Dato Sri Tahir, HR Agung Laksono dan Habib Lutfi.

 

Tags : jokowi
Rekomendasi