Dentuman di Sekitar Jakarta Diduga Berasal dari Petir

| 11 Apr 2020 09:54
Dentuman di Sekitar Jakarta Diduga Berasal dari Petir
Letusan Anak Krakatau (Dok. BMKG)
Jakarta, era.id - Warga di sekitaran Jakarta mengaku mendengar suara dentuman dan getaran pada Sabtu (11/4/2020) dini hari tadi. Banyak yang mengaitkan suara dentuman tersebut dengan letusan Gunung Anak Krakatau pada Jumat malam tadi.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani memastikan, suara dentuman atau gemuruh di langit Jakarta hingga Jawa Barat, bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Kasbani mengatakan, personel PVMBG tidak mendengar suara dentuman dari Pos Pengamatan Gunung Api di Pasauran, Carita pada saat erupsi Gunung Anak Krakatau. 

"Dentuman itu kemungkinan tidak terkait dengan aktivitas Gunung Anak Krakatau," ujar Kasbani saat dihubungi era.id, Sabtu (11/4/2020). 

Namun Kasbani tidak menjelaskan lebih lanjut apa penyebab adanya sejumlah suara dentuman di wilayah Jakarta dan Jawa Barat yang terdengar sekitar dini hari tadi. 

Sedangkan, Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan menduga suara dentuman berasal dari petir akibat hujan deras semalam.

"Sebab info dari petugas di pos (baik di Banten maupun Lampung) tidak ada yang melaporkan suara dentuman. Sedangkan yang di pos Gunung Gede, Puncak, Bogor dan pos Gunung Salak (Bogor) mendengar suara dentuman hujan petir," katanya.

 

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau di Lampung pada tanggal 10 April 2020 pukul 22:35 WIB. "Dari pantauan PVMBG terlihat bahwa letusan terus berlangsung sampai Sabtu pagi (11/4) pada pukul 05.44 WIB," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya. 

 

Rekomendasi