Menkes Terima Donasi Ratusan Ribu Tablet Klorokuin dari Swasta

| 18 Apr 2020 12:19
Menkes Terima Donasi Ratusan Ribu Tablet Klorokuin dari Swasta
Penyerahan Donasi (Dok. Dexa)
Jakarta, era.id - Pemerintah mendapatkan bantuan ratusan ribu tablet obat klorokuin untuk penanganan pasien virus korona baru dari perusahaan farmasi swasta.

Dexa Medica menyerahkan donasi 400.000 tablet klorokuin dengan merek dagang Riboquin ke Kementerian Kesehatan untuk penanganan pasien COVID-19 di Indonesia. Donasi ini diterima langsung oleh Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Permadi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga turut hadir dan menyaksikan penyerahan donasi yang dilakukan langsung oleh Direktur PT Dexa Medica V. Hery Sutanto yang didampingi Sales Director PT Dexa Medica,Tarcisius Randy di Kantor Kementerian Kesehatan RI, pada Jumat (17/4).

Kementerian Kesehatan sangat mengapresiasi langkah nyata dan kontribusi PT Dexa Medica dalam mendonasikan obat-obatan yang sangat dibutuhkan pasien COVID-19 ini. 

“Terima kasih juga atas gerak cepat dan proaktivitas PT Dexa Medica yang sudah membantu pemerintah dalam menyalurkan sebagian obat-obatan donasi secara langsung ke berbagai rumah sakit baik rujukan, pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia. Juga terima kasih atas bantuan donasi dan penyaluran APD, suplemen dan vitamin seperti Stimuno dan Lycoxy, yang tentunya sangat bermanfaat untuk para dokter dan tenaga medis,” ujar Menkes.

Seiring dengan kedatangan bahan baku tambahan dan terus meningkatnya permintaan

obat-obatan donasi untuk pasien COVID-19 dari berbagai rumah sakit dan instansi

kesehatan di seluruh Indonesia, Dexa Medica telah mendonasikan sejumlah obat-obatan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 

Obat-obatan tersebut secara rinci adalah Chloroquine fosfat sebanyak 400.000 tablet yang disalurkan melalui Kementerian Kesehatan, Hydroxychloroquine sebanyak 200.000 tablet, Azithromycin sebanyak 50.000, dan Chloroquine 500.000 tablet yang disalurkan secara langsung ke lebih dari 350 rumah sakit rujukan pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia.

“Sudah disalurkan ke seluruh Indonesia untuk Hydroxycloroquine dan ditargetkan sudah akan diterima oleh 300-an rumah sakit sampai dengan hari ini, Sabtu 18 April 2020.

Sementara untuk klorokuin, minggu depan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor cabang distributor dan kami akan bergerak cepat untuk salurkan ke sekitar 400 rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di seluruh Indonesia,” jelas V. Hery di Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Tags : obat korona
Rekomendasi