Lelucon Sarkas Tak Lucu dari Trump

| 25 Apr 2020 10:56
Lelucon Sarkas Tak Lucu dari Trump
Donald Trump (Huffpost)
Jakarta, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Trump mendorong agar dilakukan riset untuk mengetahui apakah pasien virus korona dapat disembuhkan dengan suntikan cairan disinfektan ke dalam tubuh. 

Peneliti dari Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat memaparkan khasiat sinar matahari terhadap umur dari virus korona baru baik di benda tak berongga seperti besi antikarat dan udara. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa cairan disinfektan dari isopropil alkohol lebih manjur membunuh virus daripada cairan pemutih.

Mendengar paparan dari anak buahnya, Trump langsung mengomentarinya. Menurutnya perlu segera dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemungkinan sinar ultraviolet dari matahari dipancarkan langsung ke tubuh pasien. Selain itu, ia juga menanyakan apakah mungkin jika cairan disinfektan disuntikkan ke pasien korona.

"Disinfektan itu mematikannya dalam satu menit? Apakah ada cara agar kita bisa melakukan hal seperti itu dengan menyuntikkan ke dalam tubuh hingga membersihkan (virus)? Akan menarik untuk menelitinya," ujar Trump seperti dikutip dari Huffington Post, Sabtu (25/4/2020).

Belakangan Trump mengklarifikasi ucapannya. Ia hanya bercanda sarkas kepada media massa. "Saya mengajukan pertanyaan dengan sarkastik kepada wartawan seperti Anda hanya untuk melihat apa yang akan terjadi," katanya sesaat setelah melontarkan pernyataan itu, pada Jumat (24/4/2020) waktu setempat.

Soal disinfektan, ia membantah telah memerintahkan bawahannya untuk menyuntikkan atau memasukkan cairan pembersih tersebut ke dalam tubuh pasien. "Saya pikir disinfektan di tangan punya efek yang sangat baik," katanya.

Tapi pernyataan seorang Kepala Negara di negara adidaya kadung dipercaya oleh rakyatnya. 

Orang Amerika menganggap serius pernyataan Trump, juga, menurut beberapa pejabat tingkat negara bagian. Call center Badan Layanan Darurat negara bagian Maryland mengaku mendapat banyak panggilan dari warga yang menanyakan tentang penggunaan disinfektan untuk mengobati korona.

 

Pernyataan Trump juga membuat produsen disinfektan harus mengumumkan klarifikasi agar konsumen tak meminum atau memasukkan produk disinfektan ke dalam tubuh. "Jelas bahwa dalam keadaan apa pun produk disinfektan tidak boleh dimasukan ke tubuh manusia melalui injeksi, konsumsi atau cara lainnya," kata produsen disinfektan asal Amerika, RB.

Penulis Stephen King juga ikut buka suara soal lelucon sarkas dari Trump. Penulis cerita horor itu memang terkenal sering menyindir Presiden dari Partai Republik itu. Ia menyebut tak seharusnya seorang Presiden bercanda di saat virus tersebut sudah menelan korban meninggal 50.000 lebih warga Amerika.

 

Mengeluarkan pernyataan yang membingungkan apalagi bercanda mengenai virus korona baru adalah tindakan yang tidak bijak dari seorang pejabat apalagi Kepala Negara. Tindak nyata yang brilian dan jitu untuk memberantas wabah dari virus yang sangat menular di dunia ini sangat dinanti para pasien dan rakyat yang sudah rela berkorban harus di rumah saja atau bahkan kehilangan anggota keluarganya selama masa pandemi.

Tags : donald trump
Rekomendasi