Ketua DPR Soroti Tanggal Pembagian Bansos yang Tak Tentu

| 24 Jun 2020 10:57
Ketua DPR Soroti Tanggal Pembagian Bansos yang Tak Tentu
Ketua DPR Puan Maharani (Dok. DPR)
Jakarta, era.id - DPR RI akan segera mengevaluasi program bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Program bansos dari pemerintah ini sudah berjalan tiga bulan dan rencananya akan diperpanjang hingga Desember 2020.

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan agar bantuan pemerintah itu diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk membantu mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa pandemi COVID-19.

"Tiga bulan sudah berjalan, tiga bulan selanjutnya tentu nanti kita evaluasi juga terkait dengan program-program bantuan pemerintah ini," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/6/2020).

Puan sendiri ikut menghadiri penyerahan bantuan sosial tunai (BST) pemerintah di Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (23/6) bersama dengan Menko PMK Muhajir Effendi dan Menteri Sosial Juliari P. Batubara. Kunjungan tersebut dalam rangka pengawasan DPR terkait pendistribusian dan pemanfaatan bansos.

"Dalam rangka pengawasan dari DPR RI atas bantuan sosial nontunai yang di berikan pemerintah selama 3 bulan ini, bagaimana mekanismenya dan siapa saja yang menerima, apakah penerima itu betul betul merasakan manfaatnya? Dipergunakan untuk apa?" kata Puan.

Salah satu hal yang menjadi sorotan Puan adalah mekanisme serta penentuan waktu pemberian bantuan. Ia mencontohkan harusnya ada penentuan tanggal pembagian bansos yang tak tentu.

Menurut Puan, seharusnya pemberian bansos itu bisa ditentukan tanggalnya. Sehingga masyarakat bisa tahu kapan harus datang ke tempat pembagian bansos tepat waktu. Penentuan tanggal juga dapat mengurangi penumpukan orang saat bansos itu dibagikan. Sehingga potensi penularan virus korona baru bisa diminimalisasi.

"Terkait tanggal ini penting sekali, agar mereka itu datang bisa tepat tanggal. Tadi saya bertanya tanggal berapa biasanya dapat (bansos) Bu? Dia enggak ingat, artinya tanggalnya itu tidak diputuskan," kata Puan.

Masalah lain yang menjadi sorotan adalah persoalan perbaikan data penerima bantuan. Puan berharap segera ada perbaikan dan sinkronisasi data.

Adapun, persoalan-persoalan itu nantinya akan disampaikan kepada pemerintah agar pemberian bansos berikutnya segera dievaluasi. Puan berharap adanya evaluasi itu akan ditindaklanjuti pemerintah sehingga pembagian bansos di bulan Juli-September 2020 bisa berjalan lebih baik.

"Banyak hal yang harus dilakukan secara cepat untuk tetap bisa menjaga kesehatan dan tentu saja memulihkan ekonomi," pungkasnya.

 

Tags : ketua dpr
Rekomendasi