Nyanyi Lagu Nada Tinggi, Wanita Ini Nyaris Meninggal Dunia

Tim Editor

Ilustrasi wanita nyanyi dengan nada tinggi (Unsplash/Anna Earl)

Jakarta, era.id - Menyanyi dengan nada tinggi memang mengesankan. Namun, nasib berbeda justru dialami wanita China saat bernyanyi nada tinggi. Wanita berusia 55 tahun ini nyaris meninggal dunia.

Wanita ini nyaris kehilangan nyawa usai menyanyikan lagu dengan nada tinggi pada sesi karoke. Wanita yang diketahui bermarga Zhang ini mengeluh sakit kepala, hingga muntah-muntah usai menyanyikan lagu bernada tinggi di pesta keluarga pada 5 Juni di Dalian, Liaoning, China.

Dikutip dari Daily Mail,Kamis (2/7/2020), ia langsung dilarikan ke rumah sakit pusat Dalian Municipal Central Hospital. Hasil pemeriksaan menunjukkan ada tonjolan di arteri otaknya. Zhang diselamatkan usai menjalani operasi darurat selama dua jam.

Selama karaoke, ia menyanyikan dua lagu berturut-turut. Wanita ini menyanyikan lagu Tiongkok Qinghai-Tibet Plateau, di mana lagu ini dikenal dengan nada yang sangat tinggi.

Zhang berusaha bernyanyi mencapai nada tinggi, tetapi tiba-tiba saja ia mengalami sakit kepala dan mual. Hingga akhirnya, dirinya muntah-muntah.

Lalu, ia segera di larikan ke rumah sakit, lantaran keluarga yang membawanya merasa khawatir. 

Usai melakukan CT scan, dokter menemukan sepanjang 2,5 mili meter aneurisma, pelebaran pembuluh darah yang kemudian pecah di otak Zhang. Maka dari itu, ia terpaksa harus menjalani operasi. 

Aneurisma otak adalah pembesaran atau penonjolan pembuluh darah otak akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Penonjolan ini akan terlihat seperti buah berry yang menggantung.

Sebenarnya, insiden ini telah diderita Zhang sebelumnya. Dia telah menderita aneurisma sebelumnya. Namun, ia tidak menyadarinya karena tak merasakan gejala apapun.

"Tonjolan itu sudah ada di otak Zhang sejak lama, meski tanpa menunjukkan gejala apa pun," ujar Dr Jin yang menangani Zhang.

Dokter mengatakan aneurisma yang dialami oleh Zhang disebabkan karena tekanan darah tinggi dan diabetes yang dideritanya.

Saat Zhang berusaha menyanyikan lagu nada tinggi saat karaoke, hal ini memicu aurisme yang dideritanya jadi pecah.

"Nyanyian yang sangat menggairahkan dapat menyebabkan aneurisma pecah," ungkap dokter itu.

Tag: bahaya kesehatan lifestyle hari perempuan internasional

Bagikan: