Heboh Batik 'Diklaim' Berasal dari China

| 13 Jul 2020 06:10
Heboh Batik 'Diklaim' Berasal dari China
Dok. Twitter Xinhua
Jakarta, era.id - Lini masa Twitter diramaikan oleh sebuah postingan kantor berita resmi pemerintah Republik Rakyat China, Xinhua, yang menyebut batik sebagai kerajinan tradisional asli China. 

Posting-an itu diunggah di akun Twitter @XHNews seperti, Minggu (12/7). akun tersebut memposting proses pembuatan Batik di China.

"Batik is a traditional craft common among ethnic groups in China. Using melting wax and a spatula-like tool, people dye the cloth and heat it to get rid of the wax. Check out how the ancient craft evolves in modern times. #AmazingChina ("Batik adalah kerajinan tradisional yang biasa di kalangan kelompok etnis di China. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina)" tulis akun tersebut.

 

Akun tersebut juga mengunggah video berdurasi 49 detik yang menampilkan perajin menggambar motif batik di sebuah kain. Batik disebut biasa dipakai kelompok etnis di Guizhou dan Yunan.

"Batik biasanya dipakai kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan," jelas video tersebut.

Postingan tersebut menuai reaksi dari sejumlah warganet. Mayoritas yang mengomentari bilang, batik merupakan kerajinan tradisional dari Indonesia.

"Batik is taken from Javanese 'ambatik' means to mark with spots or dots. Be a country with pride, not just copied and claims other nation's properties (Batik diambil dari bahasa Jawa 'ambatik' yang artinya ditandai dengan bintik-bintik atau titik-titik. Jadilah negara dengan kebanggaan, tidak hanya disalin dan mengklaim properti bangsa lain)," komentar akun @KikiNmaKecilku.

Batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO pada 2009. Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi. 

Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO.

Rekomendasi