Gelombang Kedua Ratusan WNI dari China Pulang ke Indonesia

Tim Editor

Repatriasi WNI dari China (Dok. Antara)

Jakarta, era.id - Sebanyak 270 warga negara Indonesia (WNI) dari Shanghai pulang ke Indonesia pada Selasa (14/7/2020). Repatriasi ini merupakan gelombang kedua dari China yang difasilitasi Kedutaan Besar RI di Beijing, Konsulat Jenderal RI di Shanghai, KJRI Guangzhou, dan Garuda Indonesia.

Mereka yang pulang terdiri dari 96 mahasiswa, 144 pekerja migran Indonesia, dan 30 WNI pekerja lainnya. Adapun sebanyak 171 orang berasal dari Shanghai dan sekitarnya. Lalu 99 WNI lainnya tersebar dari berbagai provinsi di China. Sebagian dari mereka harus menempuh penerbangan domestik atau jalan darat menuju Shanghai. Kepulangan ini dilakukan setelah adanya pendekatan dengan otoritas China.

"Proses repatriasi mandiri sebagai bentuk kepedulian perwakilan pemerintah Indonesia terhadap WNI dari berbagai kota di Tiongkok dapat terwujud atas hasil pendekatan yang baik kepada otoritas penerbangan dan pemerintahan China," kata Konsul Jenderal RI untuk Shanghai Deny W Kurnia dikutip dari Antaranews, Rabu (15/7/2020).


Wisma Atlet kemayoran, tempat karantina WNI repatriasi (Dok. BNPB)

Deny juga berkoordinasi dengan Kantor Urusan Luar Negeri (FAO) Kota Shanghai, Biro Keamanan Publik (BPS), dan Imigrasi setempat untuk memulangkan para WNI. Soal penerbangan khusus menggunakan Garuda, hal itu dilakukan karena belum ada penerbangan reguler langsung dari kota-kota di China ke Indonesia. Penerbangan transit juga belum memungkinkan karena penumpang wajib dikarantina. Hal ini akan menghabiskan waktu dan biaya tambahan.

Baca juga: WNI Repatriasi Betah di Wisma Karantina Pademangan

Para WNI yang direpatriasi tersebut telah dites COVID-19 dengan bukti surat keterangan kesehatan. Mereka juga dibekali masker, surat keterangan jalan dan wajib mematuhi protokol kesehatan selam penerbangan dan kedatangan. Pemulangan menggunakan Garuda Indonesia tipe A330 dengan kode penerbangan GA-895 berkapasitas 60 tempat duduk.

Pesawat yang membawa gelombang kedua repatriasi dari China ini berangkat dari Bandar Udara Internasional Pudong, Shanghai, pada Selasa pukul 17.00 waktu setempat (16.00 WIB). Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada hari yang sama pukul 23.00 WIB. Repatriasi pertama dilakukan 245 WNI dari Wuhan pada 31 Januari 2020.
 

Tag: repatriasi

Bagikan: