40 Mahasiswa Dapat Beasiswa Gratis Kuliah di Perguruan Tinggi BUMN

| 22 Jul 2020 17:58
40 Mahasiswa Dapat Beasiswa Gratis Kuliah di Perguruan Tinggi BUMN
Dok. APERTI BUMN

ERA.id - Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) yang terdiri dari Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi PLN (IT-PLN), BRI Institute, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), dan IT Telkom Surabaya (ITTS) mengumumkan 40 nama penerima Beasiswa APERTI BUMN. Seleksi diikuti oleh 65.045 peserta dengan total nilai beasiswa sebesar Rp3,2 miliar.

Para penerima Beasiswa APERTI BUMN diumumkan melalui sesi seremonial via zoom yang disampaikan oleh delapan pimpinan perguruan tinggi anggota APERTI BUMN, yaitu Akhmaloka (Rektor UP), Adiwijaya (Rektor Tel-U), Herman Sasongko (Rektor UISI), Iwa Garniwa (Rektor IT-PLN), Dana Saroso (Rektor BRI Institute), Rachmawati Wangsaputra (Ketua Stimlog), Agus Purnomo (Direktur Poltekpos), dan Tri Arief Sardjono (Rektor ITTS).

Dalam sambutannya, ketua APERTI BUMN sekaligus Rektor Universitas Pertamina, Profesor Akhmaloka menyampaikan bahwa antusiame para lulusan Sekolah Menengah Tingkat Atas cukup tinggi untuk mengikuti seleksi Beasiswa APERTI BUMN, “Ada peningkatan cukup signifikan dari pendaftar tahun 2019. Seleksi tahun 2019 diikuti oleh 49.527 peserta, sedangkan seleksi tahun ini diikuti oleh 65.045 peserta dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya, Rabu (22/7/2020).

-

Akhmaloka menyampaikan proses seleksi dilaksanakan secara online berdasarkan nilai rapor. Seluruh peserta telah melalui proses seleksi yang ketat.

Sehingga pada tahap akhir, 80 calon penerima beasiswa mengikuti wawancara untuk menggali lebih jauh motivasi dan potensi. Dan pada hari ini telah terpilih 40 orang penerima beasiswa APERTI BUMN yang mencakup biaya pendidikan penuh sampai lulus di masing-masing perguruan tinggi anggota APERTI BUMN.

Ke-40 peraih beasiswa APERTI BUMN diumumkan oleh rektor masing-masing perguruan tinggi anggota APERTI BUMN. Rata-Rata, setiap perguruan tinggi menerima lima mahasiswa peraih beasiswa di program studi yang beraneka ragam.

Program ini diperuntukkan bagi lulusan SMTA berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikannya. Beasiswa APERTI BUMN merupakan bentuk kontribusi APERTI BUMN dalam pembangunan nasional khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dalam sesi ini, Akhmaloka juga menyampaikan concern perguruan tinggi anggota APERTI BUMN yang berkontribusi maksimal di tengah pandemi COVID-19.

Dok. APERTI BUMN

Beasiswa ini dapat menjadi salah satu solusi bagi lulusan SMTA yang orang tuanya terdampak ekonomi. Selain itu, setiap perguruan tinggi anggota APERTI BUMN juga terus berinovasi untuk bersama-sama menanggulangi persoalan akibat pandemi. 

“APERTI BUMN akan terus menggeliatkan program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

Sesi ini ditutup dengan ucapan selamat dan pesan dari Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari kepada para peraih beasiswa, “Congrats to all the winners of APERTI BUMN Scholarship 2020. Sukses selalu untuk perjuangan Anda berikutnya. Buktikanlah bahwa Anda adalah yang terbaik,” katanya.

Tags : bumn
Rekomendasi