Demokrat Beri Sinyal Dukung Jokowi

Tim Editor

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (ERA.ID)

Bogor, era.id - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi sinyal partainya siap mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Sinyal itu disampaikan SBY dalam pidato di Rapimnas Demokrat, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018).

Kepada Jokowi, SBY menyinggung sikap Demokrat yang selalu menjunjung tinggi prinsip perjuangan dan kebersamaan dalam setiap kerja sama politik.

"Tentu Bapak (Jokowi) sangat memahami sebagaimana pengalaman saya pada Pilpres 2004-2009 dulu, perjuangan bersama apapun namanya akan berhasil dan menang jika kerangka kebersamaannya tepat," tutur SBY yang berpidato di hadapan Jokowi.

SBY mengatakan, perjuangan bersama atau koalisi akan berhasil jika visi-misi platform pemeritahannya untuk 2019-2024 juga tepat dan disusun secara bersama.

"Harus muncul respect dan trust. Ini sangat penting. Koalisi masalah hati. Demokrat siap membangun koalisi seperti itu. Demokrat juga memohon doa restu agar perjuangan politik kami, termasuk mengikuti Pemilu 2019 berhasil," kata SBY.

Dalam rapimnas tersebut, Jokowi hadir dan memberikan sambutan. Presiden Jokowi bahkan sempat berseloroh dirinya berbeda tipis dengan SBY.

"Kalau saya seorang Demokrat, Bapak SBY adalah Ketua Umum Partai Demokrat," ujar Jokowi.

Agenda utama Rapimnas Demokrat adalah konsolidasi untuk memenangkan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Wacana soal pembentukan poros ketiga bersama PAN dan PKB juma termasuk dalam agenda yang akan dibahas.

Rapimnas Demokrat digelar dua hari hingga 11 Maret 2018. Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono akan menyampaikan pidatonya pada hari kedua. Meski membahas Pemilu 2019, tapi Demokrat memastikan belum akan mendeklarasikan calon yang akan diusung pada tahun depan.

Pembukaan Rapimnas Demokrat juga dihadiri mantan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Tag: rapimnas partai demokrat

Bagikan: