Bus Premium Sepi, PT Transjakarta: Masih Hari Pertama

Tim Editor

Dirut TransJakarta Budi Kaliwono (Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Penerapan ganjil-genap bagi kendaraan pribadi di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur telah memasuki hari kedua. PT Transjakarta juga telah menyiapkan unit bus transportasi yang diberi nama Royal Premium bagi masyarakat.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono yakin kebijakan ganjil-genap di dalam tol ini dapat mengurai kemacetan. Kata dia, perlahan tapi pasti masyarakat akan beralih menggunakan moda transportasi umum.

"Ini hari pertama enggak bisa mencerminkan apa-apa. Pelan-pelan orang pasti beralih, program baru kok," kata Budi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Selain itu, menurut Budi, kebijakan ganjil-genap di jalan tol bisa jadi ajang promosi bagi bus terbaru yang dimilik oleh Transjakarta, yaitu Transjakarta Royal Premium. Dia pun yakin masyarakat akan beralih ke sana.

"Aturan main ganjil genap bisa jadi promosi tersendiri untuk premium bus kami dan posisi terutama di Bekasi Barat itu kan sangat eye catching bagus," lanjut Budi.

Budi beragumen, tarif bus seharga Rp20.000, dirasa tidak terlalu mahal mengingat sejumlah fasilitas yang ditawarkan dalam bus Royal Premium ini. Tarif itu juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). 

Berbeda dengan bus Transjakarta lainnya, bus Royal Premium ini dilengkapi dengan USB Port di setiap kursi penumpang. Sehingga para penumpang dapat melakukan pengisian baterai gawai atau gadgetnya.

Bus tersebut juga memiliki tempat duduk lebar yang terbuat dari busa dan menghadap ke depan. Selain itu, di dalam bus ini terdapat satu unit televisi berukuran 19 inci di belakang sopir sebagai hiburan bagi para penumpang.

"Kami enggak mungkin kasih harga lebih murah nanti menggagalkan program. Mahal enggak kemahalan itu relatif yah. Rp3.500 (tarif Transjakarta) itu kan kemurahan karena ada subsidi," papar Budi.

Rute bus Royal Premium ini berangkat dari sejumlah wilayah di Bekasi. Selanjutnya, bus ini akan melaju di Tol Cikampek saat pemberlakukan pembatasan ganjil-genap kendaraan dan mengantar ke sejumlah titik di Jakarta, di antaranya Grogol dan Juanda.


(Infografis/era.id)

Tag: transjakarta ganjil-genap tol cikampek

Bagikan: