Foto Lawas Munarman Saat Cekik Demonstran Kembali Viral, Netizen: Penguasa Monas Kala Itu

| 29 Apr 2021 08:03
Foto Lawas Munarman Saat Cekik Demonstran Kembali Viral, Netizen: Penguasa Monas Kala Itu
Munarman dalam insiden Monas 2008. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Foto lama eks Sekretaris Umum FPI Munarman saat sedang mencekik seseorang kembali viral di media sosial. Foto itu dibagikan oleh pegiat media sosial, Denny Siregar di akun Twitternya, Kamis (29/4/2021).

Dalam foto tersebut, tampak Munarman yang berpakaian serba hitam serta mengenakan penutup kepala hitam tengah mencekik seorang pria. Di belakangnya terlihat sejumlah massa FPI berpakaian serba putih.

Peristiwa tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Insiden Monas 1 Juni 2008, di mana terjadi penyerangan dan kekerasan yang dilakukan oleh FPI dan Laskar Islam terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakina (AKK-BB), sekitar 500 orang memukuli peserta apel akbar AKK-BB dan merusak kendaraan bermotor di monas. 

"Foto lama Munarboy ketika sedang meruqyah seorang pendosa supaya setan keluar dari tubuhnya," tulis Denny Siregar di akun Twitternya, Kamis (28/4/2021).

Pada insiden tersebut Munarman menyangkal bahwa yang dia cekik adalah anggota AKK-BB. "Ini adalah fitnah. Saya dituduh mencekik seorang anggota AKKBB. Padahal itu adalah anak buah saya sendiri, supaya dia tidak anarkis," kata Munarman di markas FPI, Jalan Petamburan 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (3/6/2008), dikutip okezone.com.

Buntut insiden Monas tersebut, pada 4 Juni 2008 sekitar 1.500 polisi diturunkan ke Markas FPI di Petamburan Jakarta setelah tidak ada dari pihak FPI yang menyerahkan diri. 

Saat itu, Munarman menghilang dan menolak untuk menyerahkan diri. Ia pun menjadi buronan polisi setelah dijadikan tersangka, dan masuk menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) nomor teratas bersama beberapa orang yang terlibat dalam aksi tersebut.

Dalam pelariannya, Munarman mengirimkan sebuah rekaman video. Ia mengajukan beberapa syarat untuk menyerahkan diri ke pihak kepolisian, salah satu syaratnya adalah keluarnya SKB (Surat Keputusan Bersama) oleh Pemerintah Indonesia tentang pembubaran Ahmadiyah di seluruh wilayah Indonesia.

Kuasa hukum Rizieq Shihab itu kemudian divonis bersalah dan dihukum satu tahun enam bulan atas insiden ini.

Foto Munarman mencekik seorang pria ditanggapi beragam oleh warganet. Banyak yang menyayangkan sikap anarkis Munarman.

"Penguasa monas kala itu.." tulis akun @Pejuang2598****.

"Ngerukyah pake gigi rapet gitu ya Boy  ?? Geram, macam mau ngunyahin gitu," tulis @Ncoku**.

"Biasa itu.. Karena gak ada air teh.. Makanya setannya dicekik," kata akun @Andisu***.

"Gara2 itu bang... Setannya pindah ke dia," kata akun @123O***.

Rekomendasi