Sinema Elektronik yang Identik

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi plagiarisme sinetron (Wildan Alkahfi/era.id)

Jakarta, era.id - My Love from The Star pernah jadi salah satu drama paling populer. Enggak cuma di negeri asalnya di Korea Selatan, tapi juga di Indonesia. Saking populernya serial drama itu, sebuah rumah produksi nasional, SinemArt sampai membuat sebuah sinetron yang ceritanya amat mirip dengan My Love from The StarJudul sinetronnya adalah Kau yang Berasal dari Bintang.

Dibintangi Morgan Oey dan Nikita Willy, sinetron yang ditayangkan RCTI itu hanya tayang sesaat. Ketika dugaan plagiarisme mencuat, RCTI langsung memutuskan menghentikan penayangannya.

Plagiarisme di antara dua tayangan beda negara ini sangat mudah diidentifikasi. Kemiripannya sangat terlihat, mulai dari pemeran utama yang memiliki jumlah dan lakon yang serupa dan serasa. Selain itu, jalan cerita dua karya audio visual ini juga amat identik. 

Dari episode pertama saja, kemiripan itu sudah langsung terlihat. Kemiripan itu teridentifikasi ada pada latar, lini masa cerita, hingga monolog yang sama antara Do Min Joon --karakter sentral My Love from The Star-- dengan Morgan Oey dan karakter-karakter lain yang memang diciptakan sangat mirip.


Baca Juga : Bau Amis Dunia Akademis


Dilansir dari soompi.com, seorang perwakilan SBS Contents HUB, perusahaan yang memegang tanggung jawab atas pengelolaan hak publikasi My Love from The Star telah terang-terangan menyebut Kau yang Berasal dari Bintang sangat mungkin menjiplak.

Menurut SBS, sejatinya pernah ada pembicaraan antara SinemArt dan SBS soal hak penerbitan. Tapi, saat proses pembicaraan masih berlangsung, SinemArt malah menayangkan sinetron itu duluan.

"Drama ini memiliki hak penerbitan secara hukum, ini bisa dianggap sebagai versi jiplakan," kata perwakilan SBS.

"Kami saat itu masih dalam proses pembicaraan, akan tetapi drama telah ditayangkan tanpa adanya kesepakatan. Kami mencari cara untuk mengambil tindakan terhadap drama," tambahnya.

Kemudian, pembicaraan mengenai kelanjutan sinetron tersebut dilakukan 12 Mei 2014. Dalam pembicaraan lanjutan itu, RCTI dan SBS setuju melanjutkan penayangan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang pada 4 Juni 2014.


Infografis "Sinetron Mirip-mirip" (Wildan Alkahfi/era.id)

Selain sinetron Kau yang berasal dari Bintang, sinetron lain yang mendapat label plagiat adalah Mawar dan Melati. Sinetron SCTV keluaran April 2017 itu dituduh meniru jalan cerita dari drama mandarin berjudul You Are My Sister yang tayang pada 2015.

Sebuah akun Instagram @dunia_tv bahkan pernah mengulas kemiripan antara keduanya. Dan enggak tanggung-tanggung, Mawar dan Melati diketahui seratus persen menjiplak You Are My Sister.

"Mulai dari adegan Melati yang tukar identitas ujian beasiswa dengan Mawar sampai dengan pertengkaran Mawar dengan pacarnya gara-gara cowok kaya yang suka dengan Mawar," tulis akun @dunia_tv.


Baca Juga : Menelisik Kemiripan Gaya Kampanye SBY dan Obama

Sinetron yang dibintangi oleh Natasha Wilona dan Megan Domani tersebut menceritakan dua sosok anak gadis bernama Mawar dan Melati. Keduanya merasakan kehidupan buruk setelah perceraian yang dialami kedua orang tuanya. Enggak berbeda jauh, drama You Are My Sister juga dimulai dengan perjalanan anak kembar, An Jing dan An Ning yang merasakan kehidupan pahit saat orang tuanya bercerai.

Soal itu, staf humas dari SinemArt --rumah produksi yang membuat Mawar dan Melati-- langsung membantah tuduhan plagiat. Menurut SinemArt, pihaknya telah membeli lisensi untuk mengadaptasi serial drama dari Tiongkok itu.

Tag: era mirip-mirip

Bagikan: