Pendidikan Perkuat Budaya Bangsa

Tim Editor

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Istimewa)

Jakarta, era.id - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengajak masyarakat selalu mengingat peran Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Hal itu disampaikan Hasto dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018.

Menurut Hasto, peran Taman Siswa, sekolah yang didirikan Ki Hajar Dewantara, juga harus dikenang sebagai lembaga pendidikan bersejarah untuk Indonesia. Hasto mengungkapkan, banyak poin penting yang diajarkan Taman Siswa dan masih relevan membentuk karakter bangsa melalui generasi penerus.

“Metode pendidikannya menekankan pada rasa cinta Tanah Air, cinta kebudayaan Nusantara, dan cinta pada alam lingkungan hidup. Dalam Taman Siswa juga diajarkan dasar kepemimpinan dan bagaimana membangun teladan dalam kehidupan yang berpijak pada budaya bangsa,” ujar Hasto, dalam pernyataan tertulis, Rabu (2/5/2018).

Baca Juga : Perkuat Pendidikan dan Perkuat Kebudayaan

Metode pendidikan Taman Siswa itu, kata Hasto, melahirkan tokoh dan seniman besar seperti Benyamin S, Butet Kertaradjasa, Ateng, dan tokoh pendidikan Ki Said Reksohadiprodjo.

Menurut Hasto, di era milenial ini, implementasi metode pendidikan di Taman Siswa dapat dilakukan secara digital. Oleh sebab itu, PDIP mendukung platform-platform pendidikan digital seperti Coursera dan Ruang Guru.

“Partai menjadi pendorong pembaharuan dan penggerak intelektualitas di tengah-tengah masyarakat. Dengan platform digital, maka pendidikan untuk semua yang berkeadilan dapat dihadirkan,” ujarnya.

Baca Juga : Menakar Ujian Nasional dan Mutu Pendidikan Indonesia

Digitalisasi pendidikan, kata Hasto, harus dibarengi dengan kualitas guru yang memadai dan memperhatikan dengan baik kesejahteraan mereka sebagai pelaku pendidik. Dari guru-guru dan metode pendidikan yang berkualitas, Indonesia dapat membasmi paham-paham sektarian, radikalisme, dan apapun yang bertentangan dengan Pancasila.

“Guru harus direkrut dari tenaga-tenaga pendidik yang paling hebat dan memiliki kematangan budi pekerti, keterampilan pengajaran, serta kepemimpinan intelektual sesuai bidangnya,” kata Hasto.


Infografis Ki Hajar Dewantara (Ayu/era.id)

Tag: era pendidikan sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: