Viral! Adzan 'Hayya Alal Jihad' untuk Ajak Orang Berjihad, NU: Jangan Terprovokasi!

| 30 Nov 2020 17:06
Viral! Adzan 'Hayya Alal Jihad' untuk Ajak Orang Berjihad, NU: Jangan Terprovokasi!
Viral video seruan berjihad. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah video adzan mengajak berjihad viral di media sosial. Dalam video yang ramai di media sosial itu, salah satu orang tampak adzan dengan memegang pedang begitu juga orang yang di belakangnya. 

Dalam video Youtube lain, beberapa orang bahkan adzan dan memekikkan hayya alal jihad yang artinya mari kita berjihad. Sementara orang-orang yang di belakang muazin, yang memekikkan seruan jihad, ikut mengepalkan tangannya ke udara sambil berteriak hayya alal jihad pula.

Menanggapi seruan hayya alal jihad itu, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai provokasi yang bertujuan memecah belah komponen bangsa.

"Jangan terpengaruh hasutan, apalagi terprovokasi. Agama jelas melarang keterpecahbelahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat," kata Robikin dalam pernyataannya di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Dalam negara bangsa yang telah merdeka seperti Indonesia, kata dia, jihad harus dimaknai sebagai upaya sungguh-sungguh dari segenap komponen bangsa untuk mewujudkan cita-cita nasional.

"Apa itu? Mewujudkan perdamaian dunia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memakmurkan ekonomi warga, serta menciptakan tata kehidupan yang adil dan beradab," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, di tengah kehidupan yang plural seperti di Indonesia ini, seluruh komponen bangsa harus memperkuat toleransi dan saling menghargai, baik sesama maupun antarpemeluk suatu agama, etnis, budaya, dan sebagainya.

"Mari kita kukuhkan persatuan dan kesatuan. Kita perkuat persaudaraan sesama warga bangsa dan persaudaraan kemanusiaan sebagai sesama keturunan anak cucu Nabi Adam a.s.," pungkasnya.

Rekomendasi