Penuh dengan Ketegangan, Simak Fakta Menarik Serial Squid Game yang Tayang di Netflix

Tim Editor

Squid game (Dok: Netflix)

ERA.id - Serial Squid Game asal Korea Selatan resmi tayang perdana pada 17 September 2021 dan langsung berhasil mencuri perhatian, lantaran memiliki tema yang menarik dan berbeda dari biasanya.

Serial yang tayang di Netflix ini mengangkat tema tentang permainan misterius dan mematikan. Drama ini digarap oleh sutradara Hwang Dong Hyuk, yang sebelumnya dikenal lewat karya Silended.

Berikut ini fakta menarik serial Squid Game yang sedang tayang di Netflix


Terinspirasi dari Komik

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)


Sutradara Hwang Dong Hyuk menatakan dalam membuat serial Squid Game dia mendapatkan ide itu dari kegemarannya membaca buku komik. Saat itu Hwang Dong Hyuk membaca komik tentang sekelompok orang yang masuk ke dalam permainan ekstrim.

"Saya ingin membuat drama survival yang paling Korea," katanya, dikutip YTN Star, Sabut (18/9/2021).

Inspirasi Judul dari Permainan Anak

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)

 

Selain terinspirasi dari buku komik Hwang Dong Hyuk juga mengungkap asal usul judul dari serial yang digarapnya. Dia mengaku judul Squid Game ini didapatkan dari permaian khas anak-anak di Korea Selatan.

"Permainan dalam Squid Game adalah permainan umum yang dimainkan kebanyakan orang Korea di masa kecil," ujarnya.

Berbekal dengan hal itu, dia pun tertarik untuk menciptakan sebuah hubungan antara permainan nostalgia yang dimainkan semasa kecil dengan kompetisi tanpa akhir yang dirasakan oleh orang dewasa.

Namun yang membedakan dari permainan anak-anak dengan serialnya ialah adegan fatal dan berbahaya yang hanya ada di dalam karyanya.

Sempat Ditolak Investor dan Sulit Cari Pemain

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)


Naskah dari serial Squid Game ini sebenarnya sudah diselesaikan sejak tahun 2009. Tetapi ketika naskah itu selesai, Hwang Dong Hyuk kesulitan untuk mendapatkan investor hingga jajaran pemain.

Penolakan itu menurutnya lantaran jalan cerita yang ditawarkan terlalu brutal, terlalu rumit, hingga tidak familiar di kalangan penonton.

Alhasil karena gagal mendapatkan investor, sutradara itu pun juga kesulitan untuk mencari pemain di serial Squid Game.

Minim Efek CGI

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)


Tidak seperti film-film atau karya yang memadukan efek grafik komputer atau CGI, serial Squid Game ini justru memilih untuk meminimalisir penggunaan efek CGI.

Lokasi dan juga set pengambilan gambar diketahui benar-benar dibuat secara nyata oleh tim produksi yang terlibat. Hwang Dong Hyuk ternyata sengaja mendesain lokasi syuting secara nyata agar para pemain bisa merasakan sensasi permainan anak-anak.

"Properti, desain, musik, dan semuanya juga diatur sedemikian rupa agar bisa kembali merasakan permainan anak-anak," ungkapnya.

Libatkan 456 Orang

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)


Menurut sinopsisnya serial Squid Game ini berkisah tentang perjuangan 456 orang dalam menyelesaikan permainan mematikan. Angka tersebut tentu tergolong baru sekaligus mustahil untuk diterapkan ke dalam sebuah film.

Namun serial Squid Game benar-benar menggunakan 456 orang asli yang terlibat dalam film. Hal ini diakui oleh salah satu pemain, Lee Jung Jae, yang mengaku kagum dengan jumlah pemain di serial ini.

"Ada 460 orang yang terlibat. Luar biasa!" kata Lee Jung Jae.

Karakter The Masked Man

fakta squid game (Dok: Netflix)
fakta squid game (Dok: Netflix)


Selain menggambarkan perjuangan 456 orang dalam sebuah permainan, serial ini juga turut dimeriahkan dengan karakter The Masked Man berbusana warna merah.

Karakter ini sukses mencuri perhatian lantaran tampilannya dirasa mirip dengan geng perampok di serial Money Heist. Bedanya, The Masked Man ini memiliki topeng jaring-jaring dengan simbol yang berbeda-beda.

"Topeng lingkaran untuk pekerja, yang mengenakan lambang segitiga adalah tentara, sementara yang simbol kotak adalah manajer. Aku mendapat ide ini dari dunia semut," jelas Hwang Dong Hyuk.

Serial Squid Game dibintangi oleh Lee Jung Jae, Park Hae Soo, Jung Ho Yeon, dan Heo Sung Tae yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk. Tayangan ini sudah bisa disaksikan melalui layanan streaming Netflix mulai 17 September 2021.

Tag: Squid Game fakta squid game rahasia squid game

Bagikan: