INASGOC Libatkan Anak Jalanan di Asian Games

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) bakal melibatkan anak jalanan dalam penyelenggaraan pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu. Rencananya keterlibatan anak jalanan akan menanamkan nilai sportivitas, disiplin dan kerja keras.

Dilansir dari Antara, Sabtu (5/5) kemarin, INASGOC akan bekerja sama dengan Yayasan Tri Kusuma Bangsa yang memiliki pusat pendidikan anak jalanan di sejumlah daerah di Indonesia. Pengamat sosial sekaligus Kepala Program Studi Vokasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati mengatakan, keterlibatan anak jalanan dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 itu mendukung positif memori kolektif anak-anak jalanan.

"Anak-anak itu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih, terutama semangat berjuang dan kerja keras sebagaimana para atlet yang bertanding. Anak-anak juga akan memiliki harga diri karena diperhatikan dan menjadi bagian dari penyelenggaraan," kata Devie seperti dikutip era.id.

"Program ini memberikan pesan kejayaan dalam bidang olahraga dapat terwujud dengan pembinaan anak-anak," lanjutnya.



Hal senada juga disampaikan, ketua Yayasan Tri Kusuma Bangsa Any Kusuma Dewi menyebut bahwa event Asian Games ini dapat mengajarkan nilai-nilai kerja sama dan kepercayaan diri.

Baca Juga: Mempersiapkan Jakarta dan Palembang untuk Asian Games 2018

"Anak-anak marjinal yang berada di jalanan serta anak-anak difabel sangat memerlukan dukungan kepercayaan diri untuk menunjang perkembangan fisik ataupun mental mereka secara utuh," kata Any.

Biar kalian ketahui, panitia Pelaksana Asian Games atau INASGOC menganggarkan biaya promosi dan media iklan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebesar 2,5 persen dari Rp6,6 triliun, atau sebesar Rp165 miliar. Rp15 miliar di antaranya, digunakan untuk media.

"Nilainya kalau kalau dari Rp6,6 triliun, ya 2,5 persen lah sekarang dari promosi. (Termasuk) kalau (ada tambahan) dari sponsor, kurang lebih Rp800 miliar, kita akan alokasikan Rp10-15 miliar ke media," kata Ketua INASGOC Erick Thohir di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Senin (30/4).

Tag: asian games 2018 relawan asian games 2018

Bagikan: