Kedokteran jadi Jurusan Favorit di UI

| 08 May 2018 18:17
Kedokteran jadi Jurusan  Favorit di UI
SBMPTN UI (Foto: Leo/era.id)
Jakarta, era.id - Jurusan kedokteran laris manis. Setidaknya, itu lah refleksi yang tertangkap dari pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) tahun 2018.

Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis mengatakan, prospek pilihan karier yang ditawarkan jurusan kedokteran sepertinya faktor yang mendasari tingginya minat milenial untuk menggeluti studi tersebut.

Anis mengatakan, dibanding tahun-tahun lalu, kondisi tersebut menunjukkan adanya peningkatan minat terhadap jurusan kedokteran. 

Selain kedokteran, jurusan lain yang paling ramai peminat adalah jurusan ekonomi dan pendidikan. Khusus ekonomi, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang selalu laris di tiap tahun penerimaan mahasiswa baru UI.

"Kemudian ekonomi sama pendidikan, hal yang selalu favorit," kata Anis di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (8/5/2018).

Baca Juga : Dilema Kerja dan Jurusan Kuliah

Perubahan minat ini, menurut Anis sangat wajar. Sebab, perubahan minat biasanya terjadi mengikuti pola industri dan kebutuhan tenaga profesional. Nah, itu lah yang kemudian mengungkit minat milenial pada jurusan kedokteran.

"Harus dilihat apa yang menjadi kebutuhan masa depan tak lepas dari kesehatan dari waktu ke waktu," kata Anis.

Rekomendasi