Salah Satunya Teknik Informatika, Ini 7 Jurusan Kuliah yang Paling Sering Dicari Perusahaan

| 07 Sep 2022 21:47
Salah Satunya Teknik Informatika, Ini 7 Jurusan Kuliah yang Paling Sering Dicari Perusahaan
Para mahasiswa baru Untidar Magelang mengikuti sosialisasi penerima KIP Kuliah Tahun 2022 (ANTARA/HO - Humas Untidar Magelang)

ERA.id - Bagi Anda yang baru saja lulus SMA atau tengah menyusun rencana untuk kuliah, tentu penting memahami jurusan kuliah yang paling sering dicari perusahaan. Tujuannya adalah agar Anda dapat mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dengan mudah setelah kelulusan.

Tentu saja, jurusan kuliah yang Anda pilih juga harus sama dengan minat Anda agar kuliah Anda tidak dirasakan sebagai sebuah beban. Dari sekian banyaknya jurusan kuliah yang tersedia, berikut beberapa jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja yang direkomendasikan untuk Anda:

Akuntansi dan keuangan

Salah satu lulusan yang populer dan banyak dicari di dunia kerja yaitu lulusan jurusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya, setiap perusaahan akan memerlukan seorang akuntan. Peluang karir lulusan jurusan ini juga terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, sampai manajer perpajakan.

Sastra atau bahasa asing

Kini bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan yang menyebutkan secara spesifik bahwa perusahaannya membutuhkan karyawan yang menguasai kemampuan bahasa asing yang bagus dalam menyeleksi karyawannya.

Hal inilah yang menjadikan jurusan bahasa asing, seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, atau bahasa jepang dikategorikan ke dalam jurusan yang banyak dicari di dunia kerja selanjutnya. Prospek pekerjaan yang dapat diambil jurusan ini tidak hanya sekedar penerjemah, melainkan juga bisa menjadi jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik.

Kedokteran

Kesehatan tidak dipungkiri menjadi bagian penting bagi setiap orang, sehingga jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang direkomendasikan untuk Anda pilih karena setelah lulus dari jurusan ini, Anda akan banyak dicari.

Selain itu, jenjang karir lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain bisa membuka praktik, Anda juga dapat membuka layanan konsultasi secara online. Setelah meraih gelar dokter, Anda juga dapat kembali melanjutkan sekolah kedokteran dengan mengambil spesialisasi di bidang tertentu sesuai dengan minat masing-masing.

Teknik informatika

Ilmu komputer dan teknik informasi belakangan memang menjadi jurusan yang cukup primadona, karena semakin banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini. Peluang kerja lulusan jurusan informatika di era teknologi seperti sekarang ini cukup banyak, mulai dari programmer, web developer, hingga software developer.

Psikologi

Selanjutnya, jurusan yang banyak dicari di dunia kerja yaitu jurusan psikologi. Seperti yang diketahui, jasa psikolog kini makin dicari karena makin banyak yang menyadari pentingnya merawat kesehatan mental.

Lulusan psikologi diperlukan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, penyelesaian masalah, pengelolaan data, melakukan asesmen, dan mengelola empati. Selain itu, peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya menjadi sebatas psikolog, bahkan juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

DKV atau Desain Komunikasi Visual

Salah satu juruan kuliah yang banyak diminati karena prospek kerjanya yang menjanjikan, terutama di era industri 4.0 yaitu jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual.

Jurusan ini memberikan materi berbagai macam, mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, sampai dengan animasi. Intinya mahasiswa lulusan DKV harus mampu mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif, dan komunikatif lewat media yang ada.

Prospek kerja lulusan DKV yang bisa didapatkan antara lain web designer, graphic designer, creative director, illustrator, art director, visual designer, hingga animator.

Arsitektur

Jurusan arsitektur juga cukup banyak dicari di dunia kerja karena jurusan yang satu ini mempunyai prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan di industri kreatif.

Ilustrasi materi arsitektur (foto: stbalia.ac.id)

Lulusan dari jurusan ini pada umumnya dicari sebagai desainer set di industri hiburan, desainer spasial dan interior, perencanaan wilayah, surveyor bangunan sampai peninjau bangunan bersejarah.

Demikianlah 7 jurusan yang paling direkomendasikan dan dibutuhkan di dunia kerja. Selamat memilih salah satu jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi