Bom di Surabaya Jadi Headline Media Internasional

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Media asing ramai beritakan peristiwa bom di Surabaya (Moksa/era.id)

Jakarta, era.id - Surabaya, Jawa Timur diguncang bom. Tiga bom meledak di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, Gereja Kristen Indonesia Diponegoro dan Gereja Santa Maria Tak Bercela. Belasan orang tewas.

Media asing pun ramai-ramai memberitakan peristiwa memilukan ini. Sejumlah media-media berpengaruh di dunia menulis detail kejadian yang sudah menewaskan 11 orang hingga pukul 15.00 WIB, Minggu (13/5/2018).

Aljazeera memberi judul 'Indonesia links church attacks to local ISIL-inspired group'. Aljazeera mengutip pernyataan Direktur Komunikasi BIN Wawan Purwanto yang menyebut terduga pelaku terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

The Guardian memberi judul 'Indonesia church attacks: at least nine dead after bombs target Sunday masses'. Sama seperti Aljazeera, The Guardian juga menulis pelaku bom teroris ini diduga kuat terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Bagaimana dengan Telegraph? Media berpengaruh di Inggris ini mengambil tajuk 'Deadly bomb attacks target three churches in Indonesia's city of Surabaya'. 

Sedangkan Australian Broadcasting Corporation (ABC) menulis '11 dead, 41 hurt as suicide bombers hit Indonesian churches'. ABC menulis inilah salah satu serangan terburuk untuk umat kristiani. ABC mengutip salah seorang pejabat Mabes Polri yang mengatakan, setidaknya ada lima pembom bunuh diri, termasuk seorang wanita berkerudung yang memiliki dua anak bersamanya. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk memberi pernyataan.



The Straits Times menulis 'At least 11 killed, dozens injured in suicide bombings at three Indonesia churches'. Reuters, Sydney Morning Herald, BBC hingga The Wall Street Journal juga memberitakan hal yang sama.

Hingga pukul 15.00 WIB, jumlah korban yang sudah dirilis polisi mencapai 11 orang tewas dan 41 korban luka-luka. Presiden Jokowi sudah ada di Surabaya untuk memantau langsung lokasi kejadian. Rencananya, Jokowi juga akan mendatangi korban yang masih dirawat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan langsung memberikan pernyataan mengenai kronologi kejadian.

Tag: bom surabaya teror bom di as

Bagikan: