Penyanyi Dangdut Inul Daratista Diisukan Kecelakaan hingga Meninggal Dunia, Cek Faktanya..

| 05 Jan 2022 15:55
Penyanyi Dangdut Inul Daratista Diisukan Kecelakaan hingga Meninggal Dunia, Cek Faktanya..
Inul Daratista. (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut bahwa penyanyi dangdut, Inul Daratista meninggal dunia akibat kecelakaan.

Informasi itu diunggah oleh situs seputarberita.xyz berbentuk artikel yang memuat foto sebuah mobil berwarna putih dalam kondisi terbalik di jalan raya.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Inul Daratista, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі," tulis judul artikel tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, adanya artikel yang mengklaim bahwa Inul Daratista meninggal dunia merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, klaim di artikel itu tidak benar. Selain Inul Daratista belum meninggal, foto di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018 yang tidak ada kaitannya dengan Inul Daratista.

Pada 5 Januari 2022, Inul Daratista melalui akun instagram terverifikasi miliknya masih mengunggah foto dirinya dengan narasi “Hello Netizen sayang selamat pagi selamat berjulit jgn lupa sruput teh hangat dan roti manis bikin Hoax nya nambah sy makin sehat semoga kita smua diparingi sehat nggih amin”

Isi artikel dalam portal itu mengambil cuplikan berita berjudul “Innalilahi.. Yuni Sarah Tewas Terseret Truk Tangki Minyak” yang tayang di Sindonews.com pada 12 Oktober 2016. Artikel itu kerap didaur ulang dalam beberapa hoaks artis meninggal lainnya yang sudah diperiksa faktanya dalam artikel berjudul “[SALAH] Artikel “Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Akang Sulle” dan juga [SALAH] “Kabar Duka Cita Innalilahi…!! ARIEL NOAH sampaikan berita Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut?”

Selain itu, foto mobil berwarna putih di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018 yang salah satu dimuat di artikel berita berjudul “Mobil Kecelakaan di Wijaya Jaksel Hingga Terbalik” yang terbit di situs Detikcom pada 15 April 2018.

Rekomendasi