Komnas Perlindungan Anak Minta Doddy Sudrajat Hentikan Tes DNA Gala Sky: Kasihan Anak Ini, Itu Bentuk Kekerasan..

| 07 Jan 2022 10:31
Komnas Perlindungan Anak Minta Doddy Sudrajat Hentikan Tes DNA Gala Sky: Kasihan Anak Ini, Itu Bentuk Kekerasan..
Komnas perlindungan anak tentang tes DNA (Dok: YouTube/Star Today)

ERA.id - Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta agar Doddy Sudrajat menghentikan rencana untuk melakukan tes DNA terhadap cucunya, Gala Sky. Ketua Komnas Perlindungan Anak menegaskan tindakan Doddy Sudrajat merupkan bentuk kekerasan terhadap anak.

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait akhirnya bertemu dengan Gala Sky dan juga keluarga Bibi Ardiansyah untuk menindaklanjuti laporan Doddy Sudrajat. Selama pertemuan itu Arist banyak memberi masukan atas polemik yang terjadi, salah satunya menghentikan rencana Doddy Sudrajat terkait tes DNA terhadap Gala Sky.

"Harus menghentikan polemik ini, harus mengehentikan usulan-usulan seperti bagi saya itu bentuk kekerasan tes DNA misalnya, nggak perlu itu. Kasihan anak ini, itu bentuk kekerasan loh," kata Arist, dikutip Star Today, Jumat (7/1/2022).

Lalu, kata Arist, rencana tes DNA yang sempat digaungkan oleh Doddy Sudrajat itu tidak perlu dilakukan lagi. Sebab bila hal ini tetap terjadi dan dilakukan akan melanggar hak privasi dari Gala Sky.

Bahkan disebutkan oleh Arist tindakan tes DNA itu bisa menyakiti hati Gala Sky bila nanti sudah tumbuh dewasa. Bagi Arist kehadiran Gala Sky ke dunia bukanlah kehendak dirinya sendiri, melainkan kehendak dari kedua orang tuanya.

"Gala itu tidak atas kehendaknya lahir, tapi atas kehendaknya almarhum. Kenapa harus dicari asal usulnya lagi? tidak, nggak perlu. Itu menyakiti hati anak, itu prinsip dari kepentingan anak," tegasnya.

Kemudian Arist juga menyarankan agar kedua pihak keluarga yakni Haji Faisal dan Doddy Sudrajat bertemu secara langsung untuk menyelesaikan polemik yang terjadi. Dia juga meminta agar tidak ada lagi hal-hal yang diumbar ke publik lantaran bisa mempermalukan Gala Sky.

"Saya kira duduk bersama membicarakan ini dan tidak mengumumkan ke publik mempermalukan anak itu. Biarkan dia bertumbuh, masih batita loh ini kecuali sudah 14 tahun dia bisa memilih sendiri. Ini batita, kasihan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui Doddy Sudrajat sebelumnya berencana untuk melakukan tes DNA terhadap Gala Sky, putra dari Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Rencana itu ditentang oleh keluarga Haji Faisal yang meyakini Gala Sky adalah cucunya, yang merupakan darah daging dari Bibi Ardiansyah.

Rekomendasi