Viral Video Pria Berjenggot Buang dan Tendang Sesajen Sambil Takbir di Gunung Semeru, Abu Janda: Mereka Ini Penyebab Lahirnya Islamophobia

| 09 Jan 2022 14:59
Tangkapan Layar

ERA.id - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pria berjenggot menendang dan membuang sesajen yang diletakan oleh warga Desa Sumbersari Pronojiwo, Lumajang.

Video ini juga dibagikan pegiat media sosial Permadi Arya di laman Instagram resminya, @permadiaktivis2, Minggu (9/1/2022).
 
Dalam video berdurasi 25 detik tersebut, terlihat seorang pria yang mengenakan rompi berwana hitam seenaknya menendang sesajen milik warga sambal berujar 'Allahu Akbar'. Ada beberapa titik yang memperlihatkan si pria ini membuang sesajen yang diletakan warga.
 
"Banyak penganut agama Hindu juga aliran Kejawen di daerah erupsi Semeru. warga desa Sumbersari Pronojiwo, Lumajang baru saja ritual sedekah desa / ruwatan, sesajen mereka dibuang & ditendang sambil teriak Allahu akbar," tulis Abu Janda dikutip Minggu (9/1/2022).


 
Abu Janda meradang dan menyebut tindakan seperti inilah yang menyebabkan lahirnya Islamophobia.
 
"Muslim radikal intoleran aliran ISIS seperti mereka inilah penyebab utama lahirnya islamophobia. jangan salahkan jika ada ketakutan terhadap islam jika kelompok ba***** bergamis macam mereka terus dibiarkan," tegasnya.

Abu Janda lalu mengajak netizen untuk me-mention Bupati Lumajang di Instagram dengan nama @thoriqul.haq. Dia berharap pelaku dapat diburu oleh aparat yang berwajib.
 
"Bantu mention bupati Lumajang pak @thoriqul.haq yuk gaes mention sebanyak-banyaknya agar bajingan ini diburu aparat," tulis Abu Janda.

Rekomendasi