Kemarin Sumur Resapan Anies Diklaim Bisa Menyerap Air Hujan, Kini Jakarta Kebanjiran Lagi

Tim Editor

Sumur Resapan (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Jakarta gencar membangun sumur resapan di seantero Ibu Kota. Sumur resapan tersebut diklaim untuk mengantisipasi dan mengurangi banjir Jakarta.

Dilansir akun YouTube Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, ada beberapa manfaat sumur resapan.

Pertama, adalah mengurangi risiko terjadinya banjir dan genangan. Kemudian, sumur resapan menyerap air hujan agar masuk ke tanah. Sumur resapan juga bermanfaat sebagai tampungan air hujan agar tidak langsung mengalir ke saluran air. Sumur resapan juga bermanfaat mencegah kekeringan.


Sumur resapan banyak dibangun di pinggir jalan maupun di trotoar jalan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan Pemprov DKI menargetkan pembangunan sumur resapan di 26 ribu titik.

Riza menyebutkan bahwa sumur resapan tidak hanya diperlukan di daerah langganan banjir, tetapi juga di luar daerah itu.

"Bahkan di rumah-rumah juga ada kewajiban untuk membuat sumur resapan. Fungsinya memang untuk menampung air hujan lokal. Jadi, tidak hanya di daerah banjir sumur resapan dibutuhkan, tapi di daerah yang tidak banjir pun sumur resapan diperlukan untuk menampung air," tutur Riza di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Lebih lanjut, Riza menegaskan bahwa hadirnya sumur resapan dapat mengurangi bahkan sampai menghilangkan genangan atau potensi banjir, mengingat salah satu fungsi dari infrastruktur tersebut adalah untuk menjadi penampung air.

Namun, pada Selasa kemarin, sumur resapan nampaknya tak mampu menyerap air hujan dengan optimal. Banjir dan genangan air terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Politisi Gerindra Arief Poyouno pun menyindir program sumur resapan milik Anies Baswedan setelah Jakarta dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).

Melalui akun media sosial twitternya, Arief Poyouno mengunggah video dirinya berada di lokasi banjir di wilayah Jakarta.

Dalam video tersebut, nampak banjir menggenang dan menimbulkan kemacetan. Belum diketahui di wilayah mana lokasi tempat Arif melaporkan banjir tersebut.

Arif pun dalam video itu, mengaku mencari sumur resapan yang menurut Pemprov DKI Jakarta mampu menanggulangi banjir.

"Ini lagi cari sumur resapannya si Anies nih, ternyata tahu gak? bukannya sumurnya resap tapi meluap mas, banjir jakarta mas, kaya gini mau Formula E mas, gimana yah mas yah?" jelas Arif pada Selasa (18/1/2022).

 

Kami juga pernah menulis soal Siapa Calon Kepala Otorita Ibukota Negara Nusantara yang Dipilih Jokowi?, Ini Kata Kepala Bappenas. Kamu bisa baca di sini.

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

 

Tag: banjir jakarta jakarta banjir sumur resapan proyek sumur resapan

Bagikan: