Siapa Calon Kepala Otorita Ibukota Negara Nusantara yang Dipilih Jokowi?, Ini Kata Kepala Bappenas

| 18 Jan 2022 21:00
Siapa Calon Kepala Otorita Ibukota Negara Nusantara yang Dipilih Jokowi?,  Ini Kata Kepala Bappenas
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id -  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa buka suara siapa calon kepala otoritas Ibu Kota Negara Nusantara yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, nama sudah ada di kantong Jokowi.

Suharso mengakui tak mengetahui siapa yang dipilih oleh Jokowi meskipun dia yang menggawangi pembahasan Rancangan Undang-Undang Ibukota Negara (RUU IKN).

"Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh presiden ya bisa ditanya ke presiden ada di kantongnya beliau saya tidak tahu," kata Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Namun, Suharso meyakini, siapa pun yang dipilih oleh Jokowi adalah orang yang tepat untuk memimpin ibukota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur.

"Tapi tentu pasti pilihannya pilihan orang yang tepat untuk itu," kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia berharap, sosok yang nantinya dipilih harus sudah memiliki pengalaman.

Doli mengatakan, setidaknya sosok yang akan dipilih sebagai kepala otorita di Ibukota Negara Nusantara harus memiliki pengalaman dalam hal urban planning, mampu berinovasi dan berintegritas.

"Ya mungkin orangnya yang punya pengalaman di dunia urban planning, terus juga punya pengalaman tentang bagaimana berinovasi mencari skema-skema pembiyaan dan tentu orang yang berintegritas," kata Doli

Selain itu, kata Doli, kriteria yang paling penting dari sosok calon kepala otorita Ibukota Negara Nusantara adalah yang mampu menjalani visi dan misi presiden.

"Kalau soal kriteria, yang paling penting adalah tahu betul tentang visi pak presiden, visi pemerintag, visi kita semua sekarang ini tentang pentingnya pemindahan ibukota negara, itu yang paling penting," kata Doli.

Presiden Jokowi sebelumnya pernah mengungkapkan kandidat pemimpin ibukota negara baru.

Ada sejumlah nama yang pernah disinggung Jokowi. Antara lain, Mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana.

Selanjutnya ada Mantan Bupati Banyuwangi yang sekarang menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas, serta Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok. Nama terakhir paling mencolok karena menjadi buah bibir banyak orang.

"Kandidatnya ada ya, yang namanya kandidat memang banyak. Pertama Pak Bambang Brodjo, kedua Pak Ahok, ketiga Pak Tumiyono, keempat Pak Azwar Anas," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada 2 Maret 2020.

Kami juga pernah menulis soal Penampakan Kecelakaan Mengerikan di Kawasan Air Mancur Kota Bogor, Pengendara Motor Terjepit. Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi