Akun Instagram Giring Sempat Hilang, PSI: Ini Operasi Buzzer Berbayar dan Terpimpin

| 26 Jan 2022 12:14
Akun Instagram Giring Sempat Hilang, PSI: Ini Operasi Buzzer Berbayar dan Terpimpin
Giring Ganesha (Twitter Giring)

ERA.id - Akun Instagram milik Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Giring Ganesha, @giring, sempat menghilang. Namun kini sudah kembali lagi dan dapat ditemukan dalam pencarian.

Menghilangnya akun Instargam Giring lenyap tak lama setelah mantan vokalis grup band Nidji itu mengunggah foto bersama warga sekitar proyek Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Dewan PSI Raja Juli Antoni mengaku kurang mengetahui kronologi menghilangnya akun Instagram milik Giring. Namun, PSI menduga kejadian ini akibat ulah buzzer.

"Menurut kawan-kawan yang mengerti medsos ini adalah operasi buzzer berbayar dan terpimpin. Pasti tidak organik," kata Antoni kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Antoni menduga, para buzzer tersebut sebelumnya sudah diarahkan untuk me-report akun Giring secara bersamaan. Sehingga berakibat menghilangnya akun Giring dari pencarian di Instagram.

"Kira-kira para buzzer itu di-brief untuk me-report akun bro Giring di-fiture Instagram pada saat bersamaan. Nampaknya algoritma Instagram secara otomatis akan men-take down akun tersebut secara otomatis," kata Antoni.

Meski begitu, akun Instagram Giring kini sudah pulih kembali. Menurut Antoni, PSI langsung bekerja sama dengan pihak Meta sehingga akun Giring aktif kembali, kurang dari 24 jam.

Antoni menegaskan, aksi para buzzer ini sangat berbahaya. Jika hal ini disebabkan karena tajamnya kritikan Giring akhir-akhir ini, seharusnya tidak perlu sampai mengerahkan kelompok pendengung.

"Bagi saya ini sangat berbaya. Sebuah gerakan berjamaah anti-demokrasi. Gerakan membungkam kritik yang berbahaya. Mestinya kritik Bro Giring dibantah saja. Didebat. Bukan main kerahkan cyber army. Siapa dalangnya? Entahlah," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura, KPK: Permudah Pulangkan Koruptor Beserta Asetnya Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi