Water Salute untuk Pesawat Presiden di Bandara Kertajati

Tim Editor

(Instagram: Kemensetneg)

Jakarta, era.id - Pesawat kepresidenan Indonesia-1 melakukan pendaratan pertama kali di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat. Jokowi Berharap Bandara Kertajati segera melayani penerbangan selama arus mudik lebaran.

Hal itu diabadikan Jokowi dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @Jokowi. Setibanya di apron, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 Boeing Bussines Jet (BBJ) yang ditumpangi Jokowi disambut dengan 'Water Salute'.

"Alhamdulillah pendaratan pertama Pesawat Kepresidenan RI di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat berjalan lancar," kata Jokowi seperti dikuti era.id, Kamis (24/5/2018)

Sesaat setelah mendarat dan menuju apron, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 Boeing Bussines Jet (BBJ) yang ditumpangi Jokowi disambut dengan 'Water Salute'.
 

Diharapkan Bandara internasional kedua di Jawa Barat setelah Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten ini dapat memperlancar arus mudik lebaran. Selain itu Bandara Kertajati juga akan mulai melayani penerbangan komersial.

"Doakan bandara ini sudah dapat melayani arus mudik Lebaran 2018. Kata Menhub kurang lebih tanggal 8 Juni 2018 juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk," lanjut Jokowi.

BIJB Kertajati memiliki luas wilayah penerbangan 1.800 hektare. BIJB memiliki satu landasan terbang atau Run Way sepanjang 3.500 meter dan akan segera ditambah satu landasan lagi. Selain itu, BIJB mampu menampung 5 juta penumpang/tahun dari target pembangunan akhir yaitu 18 juta penumpang/tahun.


(Infografis/era.id)

Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sedari dulu telah diinisiasi oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah adalah disahkannya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2010 tentang pembangunan dan pengembangan BIJB dan Kertajati Aerocity.

"Saya ucapkan terima kasih pada Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Pak Ahmad Heryawan dan jajarannya yang sudah mencanangkan sejak lebih dari satu dekade lalu. Beliau, keduanya menjadi bagian tidak terpisahkan terwujudnya bandara kebanggaan warga Jawa Barat," tutup Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Majalengka yakni Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Tag: jokowi kereta bandara minangkabau

Bagikan: