Menag Yaqut Minta Bawahannya Kawal Madrasah hingga Pesantren agar Terbebas dari Ideologi Melawan Negara

| 02 Mar 2022 15:48
Menag Yaqut Minta Bawahannya Kawal Madrasah hingga Pesantren agar Terbebas dari Ideologi Melawan Negara
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Antara)

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk mengawal ekosistem lembaga pendidikan yang berada di naungan Kementerian Agama agar terbebas dari ideologi melawan negara.

"Saya tekankan pendidikan di lingkungan madrasah dan PTKN (perguruan tinggi keagamaan negeri), saya ingin lembaga pendidikan kita selamat dan terbebas dari ideologi melawan negara," ujar Menag dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/03/2022) dikutip dari Antara.

Menag telah memerintahkan satuannya untuk melakukan pemetaan di semua lembaga pendidikan keagamaan baik itu madrasah, PTKI, hingga pondok pesantren terkait paham keagamaan dan kebangsaan, termasuk soal kekerasan seksual yang sempat ramai beberapa waktu yang lalu.

Demi mencegah terjadinya kekerasan seksual di institusi pendidikan agama, ia memerintahkan jajarannya untuk terus mengawasi secara berkala serta mengevaluasi dari sisi pengajaran.

"Saya juga tidak bosan-bosan mengingatkan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengajaran di madrasah dan institusi pendidikan keagamaan lainnya," ujar Menag.

Di sisi lain, berdasarkan laporan yang diterimanya terdapat sekitar 11 persen dosen yang berpikir atau pola pikirnya belum moderat. Namun ia tidak merinci secara jelas mengenai dosen-dosen tersebut.

"Saya tidak mau ada di lingkungan PTKN muncul aktor yang melakukan perlawanan kepada negara. Karena ada 11 persen dosen yang berpikir dan pola pikirnya belum moderat, Tidak boleh ada ruang sedikitpun di institusi pendidikan di bawah Kementerian Agama yang mengajarkan intoleransi dan ekstremisme," kata dia.

Menag juga berharap tidak ada seorangpun di lingkungan Kementerian Agama yang melakukan perlawanan terhadap negara. Apabila kedapatan ada yang terlibat dalam perlawanan terhadap negara, Menag mengancam akan melakukan tindakan tegas.

"Saya ingin Kemenag menjadi barometer bagi kementerian lain, karena Kemenag mempunyai tugas yang lebih berat karena menyandang agama. Mari kita jadikan agama sebagai inspirasi dengan membawa nilai-nilai kebaikan," kata dia.

Kami juga pernah menulis soal Kemenag Klaim SE Pengeras Suara Seimbangkan Antara Syiar dan Keharmonisan: Pedoman Itu Sudah Ada Sejak 1978 Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi