Pemudik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Pemudik di Stasiun Pasar Senen (Jafrijal/era.id)

Jakarta, era.id - Memasuki pekan terakhir bulan Ramadan, berbagai kesibukan mulai terlihat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri salah satunya mudik ke kampung halaman. Para pemudik pun sudah mulai memadati tempat-tempat keberangkatan seperti terminal dan Stasiun kereta api.

Pantauan era.id, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, para pemudik sudah memenuhi lorong-lorong stasiun dan ruang tunggu. Jumlah pemudik dari Stasiun Senen juga diprediksi meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

"Untuk keberangakatan dari Stasiun Pasar Senen hari ini sudah 25.170. Sedangkan hari biasa rata-rata penumpang di Stasiun Pasar Senen hanya 12 hingga 13 ribu," ujar Kepala Stasiun Pasar Senen, RM Zainul kepada era.id, Sabtu (9/6/2018).



Stasiun Pasar Senen sendiri menyediakan 34 kereta yang terdiri dari 26 kereta reguler dan 8 kereta tambahan. Zainul memprediksi puncak arus mudik dimulai dari Jumat (8/6) hingga Rabu (13/6).

"Kalau dikatakan puncak, mulai kemarin sudah mencapai kapasitas maksinal yang tersedia. 8, 9 dan 13 itu sudah mencapai puncak. Ya walaupun Ada selilsih dikit," sambung Zainul.

Hal serupa juga terjadi di Stasiun Gambir, sejak Jumat (8/6) lalu. Zainul juga mengimbau para calon penumpang untuk mengatur jadwal keberangkatan mudik kereta api, sehingga tidak terjadi kepadatan di Stasiun.

"Jadi bisa diperkirakan 2-3 jam sebelumnya. Itu mengurangi kepadatan di Stasiun Gambir sendiri. Selanjutnya, bawalah barang yang sesuai kebutuhan karena di stasiun dan kereta api kita batasi barang bawaan per orang 20 kilo," jelasnya.

Tampak pula berbagai fasilitas pendukung bagi para pemudik yang disiapkan di Stasiun Pasar Senen. Para calon penumpang dapat memanfaatkan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan, pelayanan, keamanan, posko area penumpang dan area bermain bagi anak.

Tag: mudik lebaran

Bagikan: