Gerindra Tak Peduli Amien Maju Capres

Tim Editor

Ketua Dewan Pembina PAN Amien Rais. (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan keinginannya maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Amien mengaku siap melawan Joko Widodo yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, dan kemungkinan besar PKB. 

Bahkan, mantan Ketua MPR RI itu tak patah semangat meski sering dianggap sudah uzur untuk memimpin Indonesia. Menurut Amien, dirinya lumayan layak menjadi capres dan kembali merasa muda saat mengetahui Mahathir Mohamad terpilih sebagai PM Malaysia.

Amien Rais menambahkan, partainya juga merekomendasikan figur untuk calon presiden ke partai koalisi, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa dan Sutrisno Bachir.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan, pihaknya meyakini PAN akan bergabung untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Meski, Amien telah melontarkan pernyataan siap maju di Pilpres 2019.

Baca Juga : PKS: Dibanding Amien Rais, Lebih Elegan Tokoh Muda


(Infografis/era.id)

"Kami meyakini komunikasi kami dengan PAN sangat baik dan intens. Insyaallah kami masih meyakini pada saatnya PAN akan mendukung pencalonan Pak Prabowo, tentu setelah yang akan diputuskan dalam Rakernas PAN bulan depan," katanya kepada era.id, di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Kendati begitu, Andre menghormati keinginan Amien maupun PAN terkait pencalonan tersebut. Apalagi, katanya, hal tersebut merupakan hak konstitusi Amien sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga : Sudahlah, Mbah Amien!

"Pencalonan Pak Amien itu, hak konstitusi Pak Amien, kami Gerindra menghormati Pak Amien dan PAN kalau mencalonkan. Beliau berhak mencalonkan dan dicalonkan kita hormati hak konstitusinya," tuturnya.


(Infografis/era.id)

Dilansir dari Antara, niatan Amien Rais jadi capres ini adalah hal yang serius. Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan Amien Rais adalah sosok yang cocok jadi capres di Pemilu 2019. 

"PAN serius mencalonkan Amien Rais 'running for President 2019', dan kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan tersebut," kata Viva Yoga di Jakarta, Minggu (11/6/2018).

Dia menilai Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan cinta rakyat Indonesia. Amien juga punya konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya NKRI.

"Amien Rais masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," ujarnya.

Baca Juga : Agenda di Balik Kritik Amien Rais

Di internal PAN, sejumlah nama muncul jadi capres. Selain Amien, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasehat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa juga jadi perbincangan untuk dijadikan capres 2019. 

Ini dikatakan Amien usai menghadiri buka puasa bersama di kediaman Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). Ini pula diamini Viva ketika ditanya empat nama tersebut masuk dalam bursa internal PAN.

Tapi, PAN baru akan bersikap tentang pasangan calon presiden/ cawapres, melalui penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN setelah Pilkada 2018.

Tag: pilpres 2019 flyover pancoran amien rais prabowo subianto

Bagikan: