Siswa Eligible Adalah Kriteria Pendaftaran SNBP 2023, Berikut Mekanismenya

ERA.idEligible menjadi salah satu kriteria pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dalam konteks Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023 (dahulu bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri/SNMPTN), siswa eligible adalah siswa SMA/SMK/MA yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti pendaftaran SNBP.

Menurut Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Ashari, kriteria siswa eligible ditentukan oleh beberapa faktor. Salah satu pertimbangannya adalah akreditasi sekolah (SMA/SMK/MA). 

"Salah satu syarat untuk menentukan siswa eligible nanti berdasarkan pada akreditasi sekolah," terang Ashari dalam Konferensi Pers Sistem SNPMB daring pada Kamis, 1 Desember 2022, dikutip Era dari Kompas.

Hubungan Akreditasi Sekolah dengan Siswa Eligible

Cara Cek Kuota Sekolah (snpmb.bppp.kemdikbud.go.id)

Sekolah yang memiliki akreditasi yang tinggi memiliki jumlah siswa eligible yang lebih banyak dibandingkan sekolah dengan akreditasi yang lebih rendah. Contohnya adalah sekolah berakreditasi A bisa mendaftarkan 40 persen siswa terbaiknya untuk mengikuti SNBP 2023.

Sekolah berakreditasi B bisa mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya. Sementara, sekolah berakreditasi C dan lainnya bisa mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.

"Untuk syarat siswa eligible, antara tahun 2023 dan 2022 memang tidak banyak berubah," lanjut Ashari.

Penentuan Siswa Eligible oleh Sekolah

Status siswa eligble ditentukan oleh sekolah. Ada mekanisme tertentu dalam penentuan siswa eligible, berikut rinciannya.

·         Sekolah melakukan pemeringkatan siswa dengan pertimbangan nilai rerata semua mata pelajaran (mapel) dari semester I hingga V.

·         Dalam pemeringkatan, sekolah bisa menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik jika ada nilai sama.

·         Jumlah siswa eligible sesuai dengan ketentuan kuota yang didasarkan pada akreditasi sekolah.

·         Sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang dimasukkan hanya siswa eligible.

Apakah Siswa Eligible Pasti Lolos SNMPTN/SNBP?

Ini adalah hal yang kadang dipertanyakan oleh siswa calon pendaftar. Seperti dijelaskan pada bagian awal, eligible merupakan syarat mengikuti SNBP (SNMPTN), bukan syarat lolos SNMPTN. Jadi, siswa eligible nantinya masih akan bersaing dengan siswa-siswa eligible dari sekolah lain untuk dinyatakan lolos.  

Perlu diketahui bahwa terdapat persyaratan peserta SNBP 2023. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2023 memiliki prestasi unggul yang rinciannya sebagai berikut.

·    Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN)

·    Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS

·    Memiliki nilai rapor semester I hingga V yang telah dimasukkan di PDSS

·    Peserta yang memilih program studi (prodi) bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Beberapa prodi yang mewajibkan pengunggahan portofolio adalah Olahraga; Seni Rupa, Desain, dan Kriya; Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari); Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama); Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik); Seni Karawitan; Etnomusikologi; Fotografi; Film dan Televisi; serta Seni Pedalangan.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa siswa eligible adalah siswa yang telah dinyatakan berhak untuk mendaftar SNBP. Namun, hal tersebut bukan jaminan lolos SNBP sebab statusnya adalah syarat untuk mendaftar.