Apa Itu Sesar Gempa dan Apakah Indonesia Berpotensi Mengalami Gempa Seperti Turki?

ERA.id - Sering disebut sebagai penyebab dari gempa bumi tektonik, apa itu sesar gempa? Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Sesar gempa biasa disebut sebagai patahan, merupakan celah atau retakan pada permukaan bumi yang terbentuk akibat tekanan dan gaya yang bekerja pada batuan yang membentuk kerak bumi.

Apa Itu Sesar Gempa?

Ketika terjadi pergeseran atau gesekan antara dua blok batuan yang berseberangan, maka akan terjadi gempa bumi. Sesar gempa merupakan salah satu penyebab terjadinya gempa bumi yang sering terjadi di berbagai tempat di dunia.

Saat terjadi gempa bumi, energi yang tersimpan di dalam batuan dilepaskan dalam bentuk gelombang seismik yang menyebabkan getaran dan goncangan pada permukaan bumi.

Proses terjadinya gempa bumi disebabkan oleh pergeseran tiba-tiba pada patahan. Dilansir dari scecinfo, proses tersebut seperti yang terjadi ketika Anda menjentikkan jari. Sebelum menjentikkan jari, Anda mendorong jari-jari Anda bersama-sama dan ke samping.

gempa bumi di Turki (unsplash)

Karena Anda mendorongnya bersama-sama, gesekan membuat jari-jari Anda tidak bergerak ke samping. Ketika Anda mendorong ke samping cukup keras untuk mengatasi gesekan ini, jari-jari Anda bergerak secara tiba-tiba, melepaskan energi dalam bentuk gelombang suara yang membuat udara bergetar dan menjalar dari tangan ke telinga, di mana Anda mendengar bunyi jentikan jari.

Proses yang sama juga terjadi dalam gempa bumi. Tekanan di lapisan luar bumi mendorong sisi-sisi patahan bersama-sama. Gesekan di permukaan patahan menahan bebatuan agar tidak langsung tergelincir saat terdorong ke samping.

Akhirnya, tekanan yang cukup menumpuk dan batuan tergelincir secara tiba-tiba, melepaskan energi dalam bentuk gelombang yang menjalar melalui batuan dan menyebabkan guncangan yang kita rasakan saat terjadi gempa bumi.

Seperti halnya Anda menjentikkan jari dengan seluruh bagian ujung jari dan ibu jari, gempa bumi terjadi di area patahan, yang disebut permukaan patahan. Namun, tidak seperti jari-jari Anda, seluruh bidang patahan tidak tergelincir sekaligus.

Pecahnya patahan dimulai dari satu titik pada bidang patahan yang disebut hiposentrum, yaitu titik yang biasanya berada jauh di dalam patahan.

Kemudian episentrum adalah titik di permukaan yang berada tepat di atas hiposentrum. Pecahnya terus menyebar hingga ada sesuatu yang menghentikannya (bagaimana hal ini terjadi merupakan topik penelitian yang masih hangat di bidang seismologi).

Sesar yang Picu Gempa Multisegmen di Indonesia

Sesar yang Picu Gempa Multisegmen di Indonesia (unsplash)

Beberapa waktu lalu Turki mengalami gempa hebat yang disebabkan oleh patahan multisegmen. Mirisnya, hal tersebut dapat terjadi di Indonesia. Berikut ini beberapa sesar berbahaya yang dapat picu gempa dahsyat di Indonesia:

  1. Sesar Cimandiri

Dilansir dari Antara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan sesar yang memiliki kemiripan dengan sesar di Turki, yaitu sesar Cimandiri.

Sesar Cimandiri disebut mempunyai potensi gempa kuat yang dipicu oleh aktivitas multisegmen sesar aktif di dalam zona sesar Cimandiri.

BMKG memaparkan di zona sesar Cimandiri (khususnya kota Pelabuhan Ratu dan Sukabumi) terdapat segmen Cimandiri, Nyalindung-Cibeber dan Rajamandala yang berarah timur laut-barat daya dan menerus ke teluk Pelabuhan Ratu.

Zona sesar utama Cimandiri sangat berdekatan dengan jalur sesar Citarik dan sesar Cipamingkis yang merupakan jalur sesar aktif. Perlu diketahui, gempa kuat dapat terjadi saling picu di zona tektonik yang aktif dan kompleks semacam ini.

  1. Sesar Palu Koro

Selain Sesar Cimandiri, terdapat segmen sesar Palu Koro di Sulawesi Tengah. Potensi gempa kuat yang dipicu oleh aktivitas multisegmen sesar aktif yang berdekatan atau bersinggungan dapat terjadi di zona sesar Palu Koro.

BMKG menjelaskan di zona Palu Koro terdapat segmen Palu, Saluki, Moa dan Kuleana yang berarah selatan-utara, menerus ke Teluk Palu. Zona segmen sesar utama Palu-Kuleana tersebut juga berdekatan dengan segmen sesar Palolo A dan Palolo B yang semua merupakan segmen sesar aktif.

  1. Sesar Kumering-Semangko

Ketiga ada multisegmen sesar Kumering-Semangko di selatan Sumatera yang meliputi Kota Bandar Lampung dan Kotaagung dekat segmen Kumering utara, Kumering selatan, Semangko barat dan Semangko timur berarah barat laut-tenggara dan menerus ke Teluk Semangko.

BMKG menjelaskan zona sesar utama Semangko dekat dengan jalur sesar Semangko Graben dan sesar Ujung Kulon yang semua merupakan sesar aktif.

  1. Segmen Aceh

Kemudian di Aceh terdapat zona segmen Aceh, Seulimeum yang berarah barat laut-tenggara dan memiliki ujung segmen yang menerus ke laut. Zona sesar utama ini berdekatan dengan jalur sesar Pidie Jaya, Batee, Tripa, dan Peusangan (yang semuanya merupakan jalur sesar aktif).

Selain apa itu sesar gempa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman