Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas Dimulai dari Kebiasaan hingga Lingkungan

ERA.id - Bibir kering dan mengelupas adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Terlepas dari cuaca atau musim, kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan dan penampilan seseorang. Lantas apa penyebab bibir kering dan mengelupas?

Untuk memahami akar permasalahan bibir kering dan mengelupas dan bagaimana mengatasinya, penting untuk mengidentifikasi penyebab-penyebabnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya.

Faktor eksternal dapat menjadi penyebab bibir kering (unsplash)

Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

Dilansir dari Allure Beauty Expert, ada banyak alasan mengapa bibir Anda menjadi kering, di bawah ini adalah penyebab-penyebab yang paling umum:

  1. Faktor Lingkungan

Faktor eksternal dapat menjadi penyebab bibir kering. Suhu yang sangat dingin, kecepatan angin yang tinggi, paparan sinar matahari, dan pemanasan dalam ruangan adalah beberapa faktor penyebab bibir kering.

Untuk itu selalu siapkan lip balm di setiap saku mantel Anda untuk melindungi bibir Anda.

  1. Kebiasaan yang Merusak Bibir

Kebiasaan buruk mungkin menjadi penyebab bibir kering, dan mungkin Anda tidak menyadarinya.

"Hindari menjilat bibir secara berlebihan dan berusaha untuk tidak mengorek bibir sendiri," kata Dr. Zeichner.

Kebiasaan yang dapat dapat menjadi penyebab bibir kering. Masih tidak yakin apakah Anda melakukannya? Coba Atur ponsel Anda dengan mode time lapse selama 15 menit untuk melihat seberapa sering Anda menjilat, menyentuh, atau mengorek bibir Anda.

  1. Alergi

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah iritasi akibat produk atau alergi. Alergi ini dikenal sebagai cheilitis kontak dan biasanya merupakan reaksi alergi terhadap pigmen dalam lipstik, bau wangi, dan agen pemberi rasa pada makanan.

Jika Anda menganggap alergi ini adalah sesuatu yang Anda alami tetapi sulit untuk menentukan penyebab pastinya, cobalah konsultasi dengan dokter kulit sehingga Anda dapat melakukan uji pengecekan.

  1. Kekurangan Nutrisi

Bibir yang selalu kering dalam beberapa kasus mengindikasikan kekurangan vitamin atau mineral, seperti vitamin B12. Dengan demikian sebaiknya periksakan ke dokter jika Anda mencurigai bibir kering sebagai penyebabnya.

  1. Produk Perawatan Kulit

Iritasi juga bisa disebabkan oleh produk perawatan kulit sehari-hari. "Saya menemukan bahwa ketika pasien menggunakan produk untuk mengatasi jerawat, mereka seringkali tanpa sengaja menggunakannya di bibir mereka," kata Erum Ilyas, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Pennsylvania, Amerika Serikat.

"Produk-produk perawatan dirancang untuk mengelupaskan kulit Anda untuk memperbaiki [jerawat]. Jika mereka mengenai bibir Anda, Anda akan merasakan bahwa bibir Anda terus-menerus kering dan pecah."

  1. Sinar Matahari

Terakhir, salah satu penyebab serius bibir kering adalah kerusakan akibat sinar matahari.

"Pada orang dewasa dengan kerusakan akibat sinar matahari selama bertahun-tahun, tidak jarang pasien datang dengan keluhan tentang 'bibir kering,' yang mungkin hanya di satu tempat atau sepanjang bibir bagian bawah," kata Dr. Ilyas.

Dr. Ilyas menjelaskan jika kerusakan tersebut dapat menjadi tanda perubahan pra-kanker pada bibir, yang disebut cheilitis aktinik. Untuk itu penting bagi Anda untuk memeriksakan ke dokter

"Ini penting untuk dipertimbangkan karena kita perlu mengobati kerusakan akibat sinar matahari yang mendasari untuk memperbaiki tekstur dan penampilan bibir," tambah Dr. Ilyas.

Selain penyebab bibir kering dan mengelupas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman