Prabowo Terima Ucapan Selamat dari Xi Jinping: Semoga Rakyatnya Bahagia

ERA.id - Calon Presiden RI Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden China Xi Jinping atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Xi berharap bisa terus melanjutkan kerja sama dua negara dibawah pemerintahan Prabowo mendatang.

Ucapan itu disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (21/3/2024).

“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu, dikutip Antara, Jumat (22/3/2024).

Dalam surat tersebut, Xi mengatakan China dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan bilateral.

“Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

Lalu, kata Xi, ia berharap hubungan tersebut tetap terjaga ketika Prabowo Subianto resmi menjabat Presiden Indonesia. Dalam suratnya, Xi juga berharap Prabowo bisa membawa kemakmuran untuk masyarakat Indonesia.

“Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” kata Xi.

Sebelumnya, beberapa petinggi negara sudah memberikan ucapan selamat kepada Prabowo, seperti Perdana Menteri Malaysia, Putra Mahkota Saudi, serta Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken dalam unggahan di X.

Blinken mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat memiliki sejarah kerja sama yang baik dan telah terjalin selama 75 tahun. Dengan terpilihnya Prabowo, dia berharap kerja sama bilateral itu akan terus terjalin dengan baik.

"Kami berharap dapat bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya ketika menjabat pada bulan Oktober,” kata Blinken.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional yang dimenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebesar 58,6 persen. Pasangan ini memperoleh sebanyak 96.303.691 suara.

"Memutuskan, menetapkan Keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 96.214.691 suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar mendapat 40.971.906 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya memperoleh suara 27.041.878. Total suara sah Pilpres 2024 secara nasional mencapai 164.227.475 suara.