Rempah-Rempah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil karena Menimbulkan Efek Samping

ERA.id - Kehamilan menjadi momen yang penuh sukacita bagi setiap pasangan yang menantikan momongan. Namun, ada banyak makanan yang menjadi  pantangan, salah satunya adalah rempah-rempah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Rempah-rempah tertentu dapat menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut ulasan mengenai rempah-rempah yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil.

Rempah-Rempah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

  1. Kelabat

Dilansir dari Vasant Masala, biji kelabat dapat menyebabkan efek buruk pada rahim, oleh karena itu tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Selain itu, mengonsumsi biji ini dapat menyebabkan kembung, refluks asam, masalah gas, dan diare. Konsumsi biji kelabat dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan retardasi pertumbuhan pada anak.

  1. Ketumbar

Biji fennel dan ketumbar dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan saat hamil. Semua rempah ini mengandung fitosterol yang berfungsi seperti estrogen wanita dan membantu merangsang kontraksi rahim. A

Ahli medis sendiri telah menetapkan biji-bijian ini untuk dikonsumsi setelah melahirkan untuk  melancarkan menstruasi, membersihkan rahim, dan mengobati gangguan hormona. Dengan demikian, mengkonsumsi rempah ini  cukup berisiko saat hamil  dan karenanya harus dikonsumsi  dalam pengawasan dokter.

  1. Peppermint

Teh peppermint  diyakini dapat  merelaksasi rahim  yang dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, penggunaan minyak peppermint selama kehamilan  dapat menyebabkan menstruasi, jadi gunakan  dengan hati-hati  saat menggunakan peppermint dalam  bentuk apapun.

  1. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih dalam jumlah banyak tidak dianjurkan oleh para ahli selama kehamilan karena zat yang berpotensi menjadi racun dalam bawang putih dapat menyebabkan pendarahan dan mulas.

Meskipun demikian, bawang putih pada umumnya aman jika dikonsumsi dalam jumlah minimal bagi ibu hamil.

Rempah yang Baik untuk Ibu Hamil

  1. Lada Hitam

Wanita hamil membutuhkan kromium, yang terdapat banyak dalam lada hitam/bubuk lada hitam. Perlu diketahui, kadar kromium yang rendah dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol dan berpotensi menyebabkan diabetes atau penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian, wanita yang  mengalami diabetes dan mengalami kehamilan dapat  diuntungkan dengan konsumsi  kromium secara teratur.

  1. Jahe

Selama kehamilan, jahe adalah obat rumahan yang efektif untuk mengobati mual di pagi hari, mual, dan muntah.

jahe aman dikonsumsi ibu hamil (unsplash)

Nah menariknya, wanita yang  menderita morning sickness dapat mengkonsumsi 1 gram jahe setiap hari selama empat hari untuk mendapatkan pereda secara langsung. Melalui beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu dalam pengobatan morning sickness pada wanita.

  1. Kapulaga

Wanita yang menderita anemia perlu memasukkan sedikit kapulaga ke dalam makanan mereka. Selama kehamilan, mengkonsumsi kapulaga dapat mencegah pembekuan darah. Oleh karena itu, kapulaga merupakan salah satu rempah teraman dan terbaik untuk dikonsumsi selama hamil.

Memang selama masa kehamilan, para wanita akan menginginkan semua hidangan yang lezat. Akan tetapi, sebaiknya tetap bisa mengendalikan selera makan dan tetap ekstra hati-hati terhadap janin dengan menjaga pola makan sehari-hari.

Perlu diperhatikan, semua resep masakan mengandung bumbu tertentu, namun tetap harus diperiksa dengan baik sebelum dikonsumsi. Hal tersebut lantaran makanan yang dikonsumsi ibu memiliki efek langsung pada kesehatan anak.

Selain rempah-rempah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…