Kapan Bioskop di Jakarta Buka Lagi? Ini Kata Anies

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta akan segera membuka kembali yang sebelumnya dilarang beroperasi karena pandemi COVID-19.  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan regulasi terkait protokol kesehatan kini tengah dibahas.

"Pertama kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap, dan regulasi itu nanti memasukkan semua unsur-unsur yang tadi disampaikan oleh Profesor Wiku. Satu soal kualifikasi, siapa saja yang bisa ikut menonton di bioskop, yang kedua adalah terkait dengan pemesanan tiket yang semuanya harus dilakukan secara online dan tidak ada pembelian tiket di lokasi. Kemudian juga tentang masker, filtrasi udara, lalu pembersihan secara teratur, kemudian juga tentang pengaturan tempat duduk di dalam bioskop, lalu kewajiban untuk mentaati prinsip 3 M untuk para karyawan dan di dalam proses menuju dan keluar dari lokasi Bioskop," kata Anies dalam tayangan yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Rabu (26/8/2020).

Anies meminta semua masyarakat dan pelaku usaha nantinya harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang dibuat nanti. Jika tidak, Anies tak segan akan menutup tempat usaha tersebut. Pemprov DKI Jakarta merujuk kepada studi dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara. "Jadi dari 47 negara pada saat ini, kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa, bahkan kalau di Korea Selatan selama masa pandemi termasuk di puncak pandemi mereka di sana, di Korea itu, bioskop tidak ditutup," paparnya.

Kapan bioskop di Jakarta akan dibuka kembali? Anies menyimpulkan dalam waktu dekat ini, kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi yang detil dan adanya pengawasan yang ketat. "Sehingga pelaku industri memberikan jasa pada masyarakat tanpa memberikan risiko yang besar dan bagi masyarakat juga, ketika berkegiatan mereka akan bisa merasakan aman," ucapnya.