Bioskop Akan Dibuka Kembali karena Bisa Tingkatkan Imunitas

| 26 Aug 2020 11:57
Bioskop Akan Dibuka Kembali karena Bisa Tingkatkan Imunitas
Bioskop (Dok. CGV)

ERA.id - Pemerintah berencana membuka kembali tempat hiburan seperti bioskop. Alasannya, karena daya tahan tubuh atau imunitas bisa dihasilkan dari suasana mental warga yang bahagia, salah satunya dengan menonton film di bioskop.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanagan COVID-19 Wiku Adisasmita mengatakan menonton di bioskop bisa meningkatkan imunitas tubuh karena membuat mental masyarakat menjadi lebih rileks. Hal ini seiring dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka bisnis bioskop dalam waktu dekat.

"Karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik dari para penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan. Bioskop sinema salah satu kontributor untuk itu dalam rangka menghadapi COVID-19," ujar Wiku di Graha BNPB, Rabu (26/8/2020).

Sejak beberapa minggu terakhir ini Satgas dan Pemprov DKI serta kementerian terkait membuat kajian terhadap kemungkinan pembukaan bioskop dengan mempertimbangkan berbagai hal yang penting terutama dari protokol kesehatan.

Wiku menegaskan, ada beberapa pertimbangan dari segi kesehatan yang perlu diperhatikan dengan ketat sebelum pembukaan bioskop nantinya.

Bioskop (Dok. CGV)

"Pertama adalah harus melakukan prakondisi dimana dalam prakondisi ini dipastikan tentang kesiapan tentang fasilitas itu sendiri, dari kesiapan fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan dan masyarakat itu sendiri," papar Wiku.

Kedua, pemda maupun pempus harus melihat waktu yang tepat sebelum memutuskan bisnis bioskop kembali dibuka. Wiku mengatakan, tidak mungkin pembukaan bioskop dilakukan serentak secara nasional. Ketiga, pemerintah harus melihat skala prioritas baik prioritas sektor maupun prioritas fasilitas mana yang perlu dibuka kembali.

"Tentunya semuanya dilakukan dengan proses simulasi dan penyiapan yang matang dan selalu berkoordinasi," kata Wiku.

"Demikian pula pada saat nanti akan dijalankan dan sudah dijalankan, pasti harus dilakukan monitoring dan evaluasi dengan baik agar betul-betul semuanya aman dan berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Tags : bioskop
Rekomendasi