Terapkan Protokol Kesehatan dalam Pelayanan, Museum Olahraga Nasional Terima Sertifikat CHSE

ERA.id - Museum Olahraga Nasional menerima sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

CHSE adalah akronim bahasa Indonesia dari Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Daya Tarik Wisata.

Hal itu merupakan protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Untuk diketahui, Museum Olahraga Nasional yang menjadi bagian dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) memiliki beragam koleksi yang menjadi daya tarik wisata bagi publik.

Di masa pandemi COVID-19, Museum Olahraga Nasional yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu terus melakukan penyesuaian dalam menerima kunjungan dan memberikan pelayanan. Semuanya telah dibuatkan standarnya oleh Kemenparekraf yaitu berupa panduan. 

Panduan tersebut memuat beberapa hal terkait daya tarik wisata di antaranya pengaturan pintu masuk, loket, penyelenggaraan kegiatan wisata, fasilitas dan area publik, pintu keluar, kantor, dan ruang karyawan.

Semuanya disesuaikan dengan protokol kesehatan baik bagi pengunjung dan petugas selama menerima dan melaksanakan pelayanan pada Museum Olahraga Nasional di masa pandemi COVID-19.

Setelah dilakukan penilaian dan verifikasi oleh Lembaga Sertifikasi akhirnya dilegalkan dalam bentuk sertifikat. Museum Olahraga Nasional menerima sertifikat CHSE dengan nomor CHSE04100/2020 yang berlaku dari 29 November 2020 s.d. 28 November 2021.

"Daya Tarik wisata yang memiliki sertifikasi CHSE dapat menjadi tujuan wisata yang aman bagi publik dan sertifikasi ini dapat meningkatkan keyakinan berbagai pihak serta meningkatkan reputasi usaha dan destinasi pariwisata," tulis Kemenpora, dilansir dari laman kemenpora.go.id, Senin (11/1/2021).