Wali Kota Solo Gibran Izinkan Pasar Tumpah Digelar Selama Ramadan

ERA.id - Pemerintah (Pemkot) Solo berencana memberikan fasilitasi pada para pedagang membuka pasar tumpah selama Ramadan tahun ini. Sehingga pedagang bisa berjualan seiring dengan pelonggaran ini.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Rabu (23/3/2022). "Seiring turunnya angka aktif (Covid-19) kami akan upayakan pemulihan ekonomi. Makanya kami kejar sebulan lagi ke depan," ucap Gibran.

Untuk itu, Pemkot Solo berinisiatif membuat sentra dagangan takjil selama bulan Ramadan. Salah satu lokasi yang dipertimbangkan yakni Jalan Mayor Sunaryo.

”Tapi masih kemungkinan lokasinya. Paling nanti ditutup dari jam 15.00 WIB. Belum pasti, masih kami koordinasikan dengan Dinas Perdagangan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi mengatakan saat ini sedang mematangkan rencana membuka pasar tiban atau pasar tumpah selama Ramadan. Ia sedang memetakan lokasi mana yang diizinkan.

”Intinya kami tidak ingin pasar tumpah ini nanti mengganggu lalu lintas,” ucapnya.

Terkait lokasinya, ia masih berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Sementara untuk jenis dagangannya, juga masih dibahas dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Solo.

”Kami juga akan koordinasi dengan Satpol PP untuk ketertiban dan penerapan protokol kesehatannya. Intinya untuk pasar tiban ini tidak boleh mengotori jalan. Datang bersih dan pulang bersih,” ucapnya.

Kami juga pernah menulis soal Jelang Ramadan, Mendag Lutfi Minta Bulog Segera Impor Daging Kerbau 20 Ton dari India Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!