DPR Anggarkan Rp11 Miliar untuk Aspal Gedung Parlemen, Sekjen: Sudah Banyak yang Tergerus dan Tergenang

ERA.id - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan alasan pihaknya mengadakan pengaspalan di area Kompleks Parlemen yang anggarannya mencapai Rp11 miliar. Menurutnya, ini lantaran kondisi jalan yang sudah banyak berubah.

Menurut Indra, jalan di area Kompleks Parlemen sebagian sudah tergerus sehingga menyebabkan terjadinya genangan air terlebih ketika musim hujan.

"Berkaitan dengan pengaspalan. Banyak sekali yang akan kami aspal, kalau dilihat dari semua bidang, itu sudah tergerus, tergenang air kala hujan, dan banyak sekali yang sudah berubah," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Selain itu, kata Indra, pengaspalan ini merupakan bagian dari persiapan DPR RI menjelang pertemuan parlemen negara-negara G20 atau P20. Selain anggota G20, sejumlah negara lain pun akan menghadiri undangan dari DPR RI.

Menurut Indra, pengaspalan itu akan dilakukan mulai dari pintu gerbang hingga jalan-jalan di sekitar area Kompleks DPR RI untuk menyambut para ketua parlemen dunia yang akan menghadiri pertemuan P20 pada awal Oktober 2022 mendatang.

"DPR awal Oktober akan menyelenggarakan P20, dihadiri 20 ketua parlemen dunia yang sama dengan G20, plus 20 negara lain atas undangan DPR RI. Jadi pada awal Oktober akan hadir sekitar 40 ketua parlemen dunia di sini," kata Indra.

"Untuk mempersiapkan ke sana, tentu kami akan merapikan semua tampilan-tampilan DPR, mulai dari pintu gerbang, taman, dan semua jalan-jalan (di area Kompleks Parlemen)," imbuhnya.

Adapun luas jalan yang akan diaspal mencapai 85.300 meter persegi, dengan penggunaan aspal sebanyak 7.100 ton.

Indra menjelaskan, karena pertemuan P20 akan diadakan pada awal Oktober, maka pengaspalan ditargetkan selesai sebelum Juli.

"Karena di bulan Agustus seperi biasa di tanggal 16 Agustus, akan ada siklus persetujuan APBN dan pidato kenegaraan Presiden untuk urusan APBN tahun 2023. Atas dasar itu, kami mulai dari saat ini sampai dengan Juli, kami akan melakukan pengaspalan dan perapian gedung," kata Indra.

Untuk diketahui, DPR RI menganggaran Rp11 miliar untuk pelapisan aspal hotmix area kompleks parlemen.

Dikutip dari situs sirup.lkpp.go.id, anggaran tersebut diberi nama 'Pelapisan Aspal Hotmix Area Kompleks DPR RI', dengan kode RUP 35120066. Anggaran berasal dari APBN 2022.

"Jenis pengadaan pekerjaan konstruksi. Total pagu Rp11.000.000.000. Metode pemilihan E-Purchasing," tulis situs tersebut.

Kami juga pernah menulis soal Dokter Terawan Dipecat IDI, Wakil Ketua DPR: Bikin Gaduh, Polisi Harus Menyelidiki Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!