Aksi Nyata Menlu Retno Marsudi Keliling Eropa, Galang Dukungan untuk Perdamaian Rusia-Ukraina

ERA.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi akan berkeliling Eropa untuk bertemu dengan anggota Presidensi G20 dalam waktu dekat ini.

Perjalanan ini merupakan upaya Indonesia untuk berperan mendamaikan Rusia dan Ukraina.

Retno mengatakan, dia memastikan akan mencari cara terbaik untuk mengatasi konflik antara Rusia dan Ukraina.

"Kemungkinan besar saya juga akan berjalan ke Eropa untuk bicara satu per satu dengan anggota G20, bagaimana mencari cara paling baik untuk mengatasi situasi yang sangat sulit ini. Insyaallah, Bismillah, mudah-mudahan kita akan bisa," kata Retno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Sementara terkait permintaan dari Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang mendorong agar Presiden Joko Widodo mengunjungi Rusia-Ukrania, Retno mengatakan usulan itu akan dicatat dengan baik.

Meski begitu, Retno menegaskan bahwa pemerintah Indonesia sejak semula sudah berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan antara Rusia dan Ukraina. Dia menambahkan, isu itu juga menjadi pembahasan di Presidensi G20.

"Sara itu kita catat dengan baik. Tapi sejak semula kita sudah begerak... Saya lihat Presidensi G20 Indonesia sudah bergerak dari awal bagaimana kita berkontribusi memberikan masukan mengenai penyelesaian masaah Ukraina," kata Retno.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon mendorong Presiden Joko Widodo turun tangan mendamaian Rusia dan Ukraina dengan memanfaatkan momentun Presidensi G-20. Dia mewanti-wanti jangan sampai Indonesia hanya menjadi sebatas penyelenggara tanpa mengambil langkah nyata.

Menurut Effendi, Presidensi G-20 dapat dijadikan momentum yang tepat untuk menginisiasi perdamaian Rusia-Ukraina.

"Masa presiden Turki, Presiden Israel, Presiden Cina yang ngambil peran. Presiden Indonesia dong, yang kebetulan as official adalah presidensi dari G20, yang salah satu membernya adalah Rusia dan berperangnya dengan hampir dari semua G20 members," kata Effendi.

"Kunjung ke Rusia ditemani oleh menteri luar negeri yang hebat ini. Dia berfoto bersalaman saja, itu nilai jualnya sudah luar biasa," imbuhnya.

Effendi lantas menyinggung soal maraknya wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Dia menilai, daripada Jokowi sibuk bersafri tiga periode, lebih baik mengupaykan perundingan damai Rusia-Ukraina.

"Ada baiknya tidak usah safari tiga periode, safarinya ke sana saja. Saya berharap dalam waktu dekat ada jadwal beliau ke Rusia dan Ukraina," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Diam-Diam Ukraina Telepon Menlu China Curhat Situasi Terkini, Akui Buntu Dialog dengan Rusia Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!