Mengenal Apa Itu Double Cleansing, Cara Melakukan, dan Manfaatnya untuk Kecantikan

| 29 Oct 2022 10:05
Mengenal Apa Itu Double Cleansing, Cara Melakukan, dan Manfaatnya untuk Kecantikan
Ilustrasi mencuci muka (unsplash)

ERA.id - Anda mungkin merasa sebal karena sudah rajin mencuci muka, tetapi jerawat dan komedo masih saja muncul. Bisa jadi, sebenarnya Anda perlu melakukan double cleansing. Apa itu double cleansing?

Seperti namanya, ini merupakan teknik pembersihan wajah dengan dua tahap. Pembersihan wajah dengan satu tahap mungkin tidak cukup sehingga masih ada sisa kotoran yang menempel. 

Mengenal Apa Itu Double Cleansing

Double cleansing merupakan perawatan kulit wajah berupa pembersihan wajah sebanyak dua kali menggunakan dua jenis pembersih. Pembersihan ini dilakukan dalam dua tahapan.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan kapas (unsplash)

Teknik pembersihan wajah ini disebut bisa membersihkan wajah dengan lebih maksimal dibandingkan pembersihan satu kali dengan satu produk pembersih. Setelah melakukan aktivitas selama seharian, wajah terpapar berbagai polutan dan kotoran. Bagi perempuan, hal tersebut masih ditambah dengan riasan yang menempel seharian dan bisa menyumbat pori-pori jika tak dibersihkan dengan baik.

Teknik ini cukup dilakukan satu kali dalam sehari. Jika Anda ingin punya kulit wajah yang sehat dan indah, double cleansing bisa menjadi rutinitas Anda sebelum tidur. Berikut adalah tahapan dalam double cleansing, dikutip Era dari alodokter.

1.    Tahap Pertama Double Cleansing

Pada tahap pertama, Anda disarankan menggunakan pembersih wajah yang memiliki bahan dasar minyak (oil based). Ini memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran, sisa riasan, serta kulit mati yang ada di permukaan kulit dan pori-pori.

Meski demikian, beberapa orang tidak cocok dengan pembersih berbahan minyak. Anda bisa menggunakan pembersih yang disesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhan. Beberapa pembersih yang bisa digunakan pada tahap pertama adalah oil cleanser, make-up remover, micellar water, milk cleanser, dan cleansing balm.

Cara pembersihannya, tuangkan produk pembersih ke kapas, kemudian usapkan pada wajah hingga merata. Kotoran dan sisa riasan pada wajah akan menempel di kapas tersebut. Khusus untuk milk cleanser dan cleansing balm, oleskan pada wajah kering, pijat lembut dengan gerakan memutar, kemudian bersihkan wajah dengan handuk yang telah direndam air hangat.

2.    Tahap Kedua Double Cleansing

Pembersihan wajah tahap kedua adalah mencuci muka menggunakan facial wash atau facial foam. Tahap kedua dilakukan untuk membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa riasan belum terangkat sepenuhnya saat taha pertama.

Mencuci muka menggunakan sabun juga bisa mengangkat residu dari produk pembersih tahap pertama. Setelah menggunakan pembersih pada tahap pertama, biasanya wajah akan terasa lengket atau berminyak. Oleh sebab itu, cuci muka dengan sabun akan mengatasi hal tersebut.

Anda bisa memilih pembersih wajah yang lembut dan sesuai jenis kulit. Secara umum, sabun pembersih wajah yang baik tidak membuat kulit wajah Anda terasa kencang atau tertarik, perih, kemerahan, dan kering.

Manfaat Double Cleansing

Dilansir SehatQ, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan double cleansing. Jika Anda merasa ribet untuk melakukan pembersihan ini, simak uraian berikut agar wajah Anda lebih sehat dan indah.

1. Pembersihan menyeluruh

Double cleansing mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Menurut para ahli kesehatan, pembersihan wajah satu kali tidaklah cukup, apalagi jika Anda beraktivitas di daerah rentan paparan debu dan kotoran.

2. Cegah penyumbatan pori-pori

Teknik pembersihan ini dapat mencegah penyumbatan pori-pori wajah. Pembersihan satu kali berupa cuci muka dengan sabun terkadang membuat sisa kotoran, kulit mati, dan sisa riasan masih menempel di wajah. Hal itu bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga lebih berisiko mengalami iritasi, kemunculan komedo, dan timbul jerawat.

3. Membantu penyerapan skincare

Bahan zat aktif yang ada di dalam produk skincare akan meresap ke kulit wajah dengan optimal jika kulit tersebut telah dibersihkan dengan baik sebelumnya. Beberapa produk skincare, seperti toner, essence, serum, dan pelembap sulit menyerap jika sisa kotoran masih ada di kulit wajah Anda. Itulah sebabnya double cleansing menjadi hal yang sangat penting untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan indah.

Rekomendasi